Penyerahan Data Dukungan Dibuka 25 November

0
607
Robby Patria

Khusus Kandidat Independen Pilwako 2018

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menyampaikan pengumuman resmi untuk calon perseorangan atau independen yang akan maju di Pilwako Tanjungpinang 2018.

TANJUNGPINANG – Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, pengumuman syarat pendaftaran calon perseorangan dari tanggal 9-22 November. Bagi pasangan independen yang ingin maju, maka salah satu syarat penting yang harus disiapkan adalah daftar dukungan masyarakat sebanyak 14.621 orang.

Jumlah ini sesuai dengan aturan KPU harus mengumpulkan 10 persen dari Daftar Pemilu Tetap (DPT) Pilkada terakhir. Di Tanjungpinang, Pilkada terakhir yang diikuti masyarakat adalah Pilwagub Kepri tahun 2015. Saat itu, DPT Tanjungpinang sekitar 146.210 orang.

Baca Juga :  RT-RW Harus Netral di Pilwako

”Jadi wajib mengumpulkan minimal 10 persennya atau sekitar 14.621 orang dalam bentuk foto kopi KTP-elektronik atau surat keterangan (suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tanjungpinang,” ujar Robby Patria, Rabu (8/11).

Kemudian, harus membuat pernyataan dukungan dan rekapitulasi dukungan yang dibuat dalam bentuk soft copy dan hard copy. ”Kemudian, surat pernyataan dukungan dibuat dengan menggunakan formulir B.1-KWK Perseorangan. Formulir ini bisa di download dari website KPU,” tambahnya.

Formulir ini disusun perorangan atau kolektif per desa atau per kelurahan. Dan nama-nama dukungan diketik dalam format excel. ”Penyerahan dukungan itu dari pukul 08.16 WIB. KPU menerima dukungan itu dari mulai tanggal, 25-29 November,” tambahnya.

Baca Juga :  Sirajudin Nur Diprediksi Duduk di DPRD Kepri

Sedangkan pendaftaran ke KPU tetap bersamaan dengan kandidat yang diusung partai politik (parpol), tanggal 8-10 Januarti 2018. Robby mengatakan, untuk calon perseorangan, proses sebelum pendaftaran lebih cepat karena mereka harus mengumpulkan foto kopi KTP dukungan dan membuatnya dalam format yang diinginkan KPU.

Beda dengan calon pasangan yang diusung partai politik, mereka tinggal datang mendaftar membawa berkas syarat pendaftaran. Mereka tidak perlu mengumpulkan foto kopi KTP dukungan masyarakat.

Untuk foto kopi KTP dukungan, minimal harus menyebar di tiga kecamatan dari empat kecamatan yang ada di Tanjungpinang. Sedangkan pasangan Edi Sabrani dan Umar, calon pasangan independen yang akan maju di Pilwako Tanjungpinang sebelumnya sudah mengumpulkan foto kopi KTP dukungan sekitar 15.000 lebih.

Baca Juga :  Optimis Prabowo Menang 60 Persen di Kepri

Sampai saat ini, belum diketahui berapa pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan maju di Pilwako Tanjungpinang 2018.  Adapun nama-nama yang sudah sering terdengar adalah, Lis-Maya, Syahrul-Ade Angga, ada juga Ing Iskandarsyah, Andi Anhar Chalid, Endang Abdullah dan lainnya. Namun, belum ada yang deklarasi pasangan.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here