Peradi Siapkan 3 Pos Bantuan Hukum Gratis

0
84
Ketua Peradi Tanjungpinang Agung didampingi istrinya Rahma foto bersama usai menyantuni anak yatim piatu di Hotel Aston Tanjungpinang, Minggu (10/6). martunas/tanjugnpinang pos

Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim Piatu

TANJUNGPINANG – Pengacara yang tergabung di Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Tanjungpinang akan lebih meningkatkan pemberian bantuan hukum gratis bagi warga kurang mampu.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Kota Tanjungpinang periode 2018-2023, Agung Wiradarma SH MH mengatakan, saat kepengurusan sebelumnya, pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma ini sudah jalan untuk warga kurang mampu.

”Namun tahun ini akan kita fokuskan lagi. Kita maksimalkan. Sehingga, warga kurang mampu yang bermasalah dengan hukum mendapatkan hak-haknya,” ujar Agung saat berbuka puasa bersama antara Peradi dengan anak yatim piatu di Hotel Aston Batu 12, Minggu (10/6) sore.

Untuk memudahkan warga kurang mampu mendapatkan bantuan hukum dari Peradi, maka mereka membuka tiga Pos Bantuan Hukum (PBH) Peradi yakni di Pengadilan Negeri, di Pengadilan Agama (PA) dan di Sekretariat Peradi Batu 10.

Agung mengakui, bantuan hukum gratis ini belum banyak diketahui masyarakat luas. Karena itu, mereka akan lebih gencar melakukan sosialisasi, sehingga makin banyak warga kurang mampu yang mendapat pendampingan dari Peradi saat berhadapan dengan hukum.

Dijelaskannya, saat ini ada 65 orang advokat yang bergabung di Peradi Tanjungpinang. Dan semua advokat ini wajib memberi bantuan hukum secara cuma-cuma kepada orang yang berduit dan tidak berduit.

Saat itu, Agung juga menyampaikan bahwa SK kepengurusan mereka dari pusat sudah turun. Artinya, semakin menguatkan kepengurusan mereka hingga lima tahun ke depan.

”Memang kita sudah Muscab. Itu paling tinggi dan sah. Dengan turunnya SK dari pusat, makin menguatkan kita,” tambahnya.

Saat itu, mereka juga menyantuni anak yatim piatu dari Mualaf Centre Tanjungpinang. Agung didampingi istrinya tercinta Rahma menyerahkan santunan tersebut sebelum buka bersama.

Agung menyampaikan, selain buka bersama, inilah saatnya sesama anggota bertemu dan silaturahmi di tengah-tengah kesibukan mereka dan membagi sebagian rezekinya kepada anak yatim piatu.

”Supaya anak-anak ini juga ikut merasakan kebahagiaan kita di bulan Ramadan ini. Buka bersama ini juga untuk konsolidasi organisasi,” bebernya lagi.

Terakhir, Agung menyampaikan, saat ini organisasi sedang fokus untuk pendaftaran keanggotaan secara nasional. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here