Peradi Tanjungpinang Mencari Ketua Baru

0
379
Panpel pemilihan ketua Peradi Tanjungpinang foto bersama. F-raymon/tanjungpinang pos

Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Tanjungpinang membuka pendaftaran, yang ingin menjadi calon ketua Peradi (2018-2023).

TANJUNGPINANG – Pendaftaran telah dibuka sejak Senin (22/1) dan berakhir Sabtu (10/2) mendatang. Sekertaris Panitia Musyawarah Cabang II (Muscab) Peradi Tanjungpinang, Dicky Eldina Oktaf mengatakan, panitia dibentuk berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan atas keputusan DPC Peradi Tanjungpinang.

Adapun komposisi yang berdiri atas panitia pelaksana itu, masing-masing bendahara, humas, seksi protokoler dan lainnya, yang semua itu tergabung dari pada anggota DPC Peradi Tanjungpinang.

”Dari kepengurusan masa jabatan periode yang sekarang akan berakhir pada bulan Maret 2018. Berdasarkan anggaran dasar rumah tangga, kita akan melaksanakan Muscab II pada tanggal 10 Februari 2018 bertempat di Hotel Comfort Tanjungpimang,” kata Dicky, kemarin.

Ia menjelaskan, merujuk dari anggaran dasar Peradi berdasarkan undang-undang advokat 18 tahun 2003 persyaratan bakal calon Ketua DPC Peradi itu ada 7 poin yang mutlak, sifatnya tidak bisa untuk diabaikan begitu saja. Antara lain calon ketua harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu warga negara Indonesia, pernah menjadi pengurus minimal satu tahun periode kepengurusan Peradi, tidak pernah merangkap jabatan sebagai mana undang-undang advokat dan atau sebagai pengurus Partai politik baik di tingkat pusat maupun daerah.

”Selanjutnya tidak pernah dikenakan sanksi atau displin karena melanggar kode etik advokat oleh dewan kehormatan. Tidak pernah dihukum karena tindak pidana kejahatan dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah mendapatkan kekuatan hukum tetap,” jelasnya.

Menurutnya, bagi yang berminat bakal calon Ketua Peradi dapat mendaftarkan ke Kantor Sekretariat DPC Peradi. ”Di sini panitia membuka pendaftaran terhitung, Senin sampai dengan pada tanggal 10 Februari 2018 dua jam sebelum sidang pleno di laksanakan di Hotel Comfort. Dua jam sebelum sidang pleno masih bisa dilakukan pendaftaran,” tuturnya.

Sementara itu, Indra Kelana menyebutkan, bahwa jumlah anggota DPC Peradi Tanjungpinang saat ini tercatat sekitar 70 anggota. Meliputi wilayah tugas, yakni, Kabupaten Lingga, Anambas, Karimun, Natuna, terutama Kota Tanjungpinang. ”Masing-masing anggota tersebut berhak mencalonlan diri sebagai bakal calon Ketua DPC Peradi Tanjungpinang, sesuai persyaratan,” ujarnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here