Perahu Naga Berpacu di Pelantar III

0
1180
LOMBA PERAHU NAGA: Masyarakat ramai-ramai ke Pelantar III menyaksikan lomba perahu naga, Selasa (6/6). Kegiatan ini merupakan bagian dari sembahyang keselamatan laut masyarakat Tionghoa.f-yoan S Nugraha/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pascapembukaan Lomba Perahu Naga di Pelantar II Tanjungpinang, kini Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah membuka acara serupa di Pelantar III.

Dalam sejarahnya, agenda tahunan warga Tionghoa yang berada di sekitaran pelantar kerap melangsungkan ritual pacu perahu naga untuk sembahyang keselamatan laut. Pesertanya warga sekitar pelantar dan lomba digelar, Selasa (6/6) sore. Warga pun sangat ramai menyaksikan lomba ini. Mereka saling memberi dukungan untuk timnya.

Pantauan di lapangan, masyarakat berduyun-duyun ke pelantar rumah warga untuk menyaksikan perhelatan yang diadakan setiap tahun itu.  Mereka memenuhi pelantar rumah penduduk sambil berdiri. Bahkan, banyak juga masyarakat yang turun ke laut naik perahu untuk menyaksikan langsung perlombaan itu.

Baca Juga :  Dispar Kepri Gandeng Agen Tour & Travel

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu panitia yang terlibat, Fery kepada Tanjungpinang Pos beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, tidak hanya bertujuan untuk sembahyang keselamatan laut namun juga mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat pedagang.

”Kalau ada acara, pasti ramai. Nah, dengan ramai, para pedagang tentu juga mendapat untung. Yang jelas sembahyang laut ini sudah sejak dulu dibuat,” kata dia yang menjelaskan tanggal pelaksanaan setiap bulan ke-5 Tahun Imlek, tepatnya di tanggal 12 pada kalender China.

Sementara Lis berharap, agar tradisi tersebut senantiasa mampu dijaga oleh tangan-tangan generasi muda, meskipun di tengah arus kemajuan teknologi.

Baca Juga :  Batam-Johor Kerja Sama Promosi Pariwisata

”Saya yakin dan percaya, siapapun kita dan apapun suku serta agama kita tentu punya harapan dan keinginan yang baik, tinggal bagaimana kita terus mampu menjaga keharmonisan ini,” bebernya yang turun langsung ke gapura laut perahu naga. Biasanya, sembahyang keselamatan laut ini digelar juga kegiatan perlombaan perahu naga. (cr33)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here