Peran Pemuda di Pilkada Sangat Dibutuhkan

0
844
Penyampaian MATERI: Kadispora Pemprov Kepri, Maifrizon memberikan materi kepada mahasiswa tentang kepemudaan. F-ISTIMEWA

DOMPAK – Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HMIP) bersama Ikatan Alumni Ilmu Pemerintahan (IKA-IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, melaksanakan kegiatan dialog kebangsaan. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium UMRAH Dompak, Kamis, lalu.

Para Narasumber yang hadir di antaranya Dekan FISIP UMRAH, Bismar Arianto MSi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri, Drs Maifrizon MSi, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria dan Hendrawan dari KNPI.

Acara dipandu Askarmin Harun selaku Ketua Alumni Ilmu Pemerintahan. Dialog diikuti ratusan mahasiswa jurusan IP, Pengurus KNPI dan Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Siapkan SDM Bekerja di Luar Negeri

Bismar megatakan bahwa pemuda dalam pelaksanaan Pilkada memiliki peran sangat penting, terutama dalan mengawasi jalannya pesta demokrasi tersebut.

”Pemuda harus mengambil peran yaitu mengawasi pelaksanaan Pilkada. Media sosial yang ada harus bisa dimanfaatkan dengan baik, dalam mengawasi proses perjalan Pilkada, sehingga dapat berjalan dalam kaidah-kaidah aturan hukum,” katanya memberi penjelasan.

Bismar juga mengatakan kepada ratusan mahasiswa, untuk tidak terjebak dalam politik praktis, sehingga pelaksanaan Pilkada, agar bisa mengawal secara bermartabat.

”Mahasiswa tidak boleh terjun dalam politik praktis dengan menggunakan embel-embel identitas mahasiswa tertentu, jika memang ingin terjun tidak membawa nama organisasi kampus, itu harus ditinggalkan,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maifrizon menekankan bahwa pemuda harus memiliki semangat yang tinggi, dengan menerapkan kedisiplinan. ”Pemuda harus semangat maka akan sukses serta menerapkan kedisiplinan, dalam segala hal,” katanya.

Baca Juga :  Pelajari Seni dan Budaya Suku Laut

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria menambahkan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada perlu partisipasi aktif dari masyarakat, terutama para pemuda yang merupakan pemilih pemula. Satu suara sangat menentukan masa depan sebuah daerah.

”Pemuda tidak boleh terbeli suaranya, akan tetapi dia harus melihat program dan visi misi para calon itu. Presentase pemilih pemula di Kota Tanjungpinang sangat tinggi, maka pemuda tidak boleh antipati,” tuturnya.

Ia mengapresiasi kepada HMIP dan para alumni yang mempelopori acara tersebut, sebab dalam suksesi Pilkada tidak boleh dilimpahkan tanggung jawabnya hanya kepada KPU maupun Panwas. ”Inilah yang kita harapkan, peran aktif semua pihak tentu sangat dibutuhkan dalam suksesi pilkada. bukan hanya kami selaku KPU,” ungkapnya.

Baca Juga :  Nadiem Makarim Belum Tahu Anggaran Pengganti UN

Sementara, Hendrawan juga menekankan bahwa pemuda merupakan pelopor dan pemersatu bangsa hingga harus mampu menjadi pelopor pemersatu dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 mendatang.

”Pemuda lah yang mempersatukan NKRI dari beragam budaya, adat istiadat dan bahasa. Maka Perhelatan Pilkada harus mengedepankan persatuan dan kesatuan,” sebut Hendrawan. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here