Peraturan Pendidikan Mudah Berubah

0
486
Simon Awantoko

DPRD akan Sahkan Empat Ranperda

TANJUNGPINANG – Revisi Perda nomor 9 tahun 2010 tentang sistem Penyelenggaraan Pendidikan akan disahkan anggota DPRD Kota Tanjungpinang dalam waktu dekat. Termasuk tiga Ranperda lainnya yaitu Perda Retribusi Perizinan Tertentu, Retribusi Jasa Umum dan Penyelnggaraan Penyadang Disabilitas.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Pendidikan DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu menuturkan, Dinas Pendidikan tidak begitu banyak mengusulkan revisi. Lebih mengubah poin-poin yang dihapuskan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Seperti perubahan kewenangan SMA sederajat dari sebelumnya di Pemko, kini berada di Provinsi Kepri. Selain itu, beberapa poin lainnya, tetapi belum menyeluruh.

”Kini peraturan pendidikan cepat berubah-ubah dari pusat, untuk itu perlu pembahasan yang terus di-update,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (4/7). Untuk itu, sebelum penegashan yang direncanakan akhir bulan, maka akan melakukan pembahasan meminta laporan perubahan-perubahan aturan yang terbaru. Ia menginginkan pembahasan yang lebih update seperti perencanaan penerapan full day school, jumlah siswa satu kelas serta beberapa lainnya.

“Kalau ditanya setuju atau tidak terkait penerapan full day school tidak bisa diputuskan, perlu pembahasan bersama dinas terkait dan masukan dari masyarakat,” ungkapnya. Hanya secara pribadi ia menolak sebab nantinya siswa tidak dapat belajar agama di TPA karena terlalu lama di sekolah.

Terkecuali sekolah mampu meng-cover pendidikan agamanya sekaligus, itu mungkin akan disetujui. Meski demikian, harus diakui kelebihannya yaitu para orangtua memiliki waktu weekend yang panjang bersama anak.

”Ada kelebihan dan kekurangan,” ungkapnya. (DESI LIZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here