Perbaiki Objek Wisata dan Promosikan

0
624
AIR PANAS: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat merendam kaki di kawasan wisata air panas Lingga, belum lama ini. f-istimewa/humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, Kepri memiliki objek wisata yang sangat luas dan banyak. Objek wisata pantai dan pulau menjadi salah satu andalan wisata Kepri. Sektor ini sudah cukup banyak membantu Kepri mengingat setiap tahun sekitar 2 juta jiwa turis masuk ke Kepri. Namun, pertumbuhan kedatangan wisman lambat.

Karena itu, Nurdin meminta agar semua kabupaten/kota termasuk Dinas Pariwisata dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov lainnya untuk sama-sama memperbaiki infrastruktur sektor wisata itu. Kata Nurdin, tanpa pengelolaan kawasan wisata yang baik, tidak mungkin satu daerah itu bagus. Karena itu, ia menegaskan, pariwisata merupakan potensi yang harus terus dikelola dengan baik.

Objek wisata dan infrastruktur yang ada ditata sebaik mungkin, sehingga ada kemudahan untuk berkunjung ke suatu objek. ”Jika dikelola dengan baik, wisatawan akan berdatangan. Masyarakat sekitar akan merasakan manfaatnya,” kata Nurdin di Gedung Daerah, Tanjungpinang, setelah tiba dari Jakarta, Minggu (10/9).

Baca Juga :  3 Mei, Kelulusan SMA Sederajat Diumumkan

Menurut Nurdin, promosi menjadi salah satu upaya menarik wisatawan datang. Suatu daerah, suatu objek, kadang dijual sedemikian rupa sehingga banyak wisatawan yang berkunjung, baik manca negara maupun nusantara. ”Untuk itu, dari masing-masing daerah harus lebih menggesa lagi dalam hal promosi daerahnya, bukan tidak mungkin potensi wisata di Kepri akan meningkat seiring berjalannya waktu,” kta Nurdin.

Nurdin pun mengingatkan ketika dia berkunjung ke Kawasan Wisata Pemandian Air Panas bertempat di Kecamatan Singkep, Lingga, di awal September ini lalu, ia sangat menikmati ‘khasiat’ di kawasan ini. Dia pun merendam kakinya serta berkali-kali membasuh wajahnya.

Baca Juga :  Jelang puasa Pemprov Kepri Cek Kualitas Daging

Nurdin menyebutkan, potensi ini harus dijual. Dirangkaikan dengan banyak potensi wisata di Kabupaten Lingga. Selain baik untuk kesehatan, suasananya pun cukup baik untuk merefleksi diri. Apalagi dibuka sejak pagi hingga pukul 23.00 WIB.

Kawasan pemandian ini berasal dari sumber mata air belerang asli berasal dari Gunung Lanjut. Tersedia 3 kolam air dengan masing-masing kolam memiliki suhu yang berbeda. Satu kolam bersuhu rendah, satu kolam bersuhu sedang, dan satu yang lain bersuhu tinggi. Di pemandian ini, juga telah tersedia kolam yang khusus untuk anak-anak.

Menurut Nurdin, potensi alam Kepri mempunyai banyak pesona yang harus terus dipromosikan. Wisatawan luar, memang ingin mencari suasana alamiah yang menyehatkan ketika mereka melancong. ”Provinsi akan membantu tiap objek menjadi semakin baik,” kata Nurdin.

Baca Juga :  Ayo, Jaga Kebugaran Tubuh Lewat Olah Napas di Bela Diri Tapak Wali

Menurut Nurdin, ke depan, pariwisata semakin menjadi andalan. Apalagi pemerintah pusat juga terus menggalakkan sektor ini. Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Singapura belum lama ini, kata Nurdin, juga dilakukan kerja sama pariwisata. Menurut Nurdin, Kepri harus mengambil manfaat besar dari kerja sama itu. ”Peluang besar ini harus kita optimalkan,” katanya.

Kepri sendiri memiliki objek wisata yang sangat lengkap. Ada wisata sejarah, kuliner, bahari, alam yang mempesona dan banyak lagi. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here