Percatik Ruko dan Bangunan Tua

0
697
SEPI PENGUNJUNG: Kondisi Pasar di Kota Lama sepi pengujung, selain kondisi ekonomi juga perlu mempercantik perwajahan agar menarik perhatian pengujung lokal maupun luar daerah. f-raymon/TANJUNGPINANG POS

Kota Lama Bisa Jadi Tempat Wisata Unik

TANJUNGPINANG – Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang Mimi Betty Wilingsih menyarankan Pemko Tanjungpinang mengenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang pariwisata. Meski Tanjungpinang bukan dikaruniawi pemandangan seperti gunung dan laut yang indah, itu bukan jadi halangan. Beberapa daerah kini mampu meng-creat suatu kawasan tua menjadi cantik dan memiliki daya tarik.

Hal itulah yang bisa dilakukan Pemko Tanjungpinang. Diantaranya dengan mempercantik Kota Lama Tanjungpinang yang merupakan pusat pemberlanjaan. Caranya sangat sederhana yaitu mengecat setiap ruko dengan warna-warna unik dan menarik. Meletakkan berbagai ornamen pendukung lainnya. Apakah sepeda hias, becak hias serta lukisan-likasan menarik lainnya.

Ini merupakan program jangka pendek yang segera dapat dilaksanakan dan tak menelan biaya yang besar. ”Saya yakin jika ini direalisasikan akan menarik. Akan banyak yang datang sekedar berfoto dan bahkan berbelanja,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (4/9).

Terkait anggaran, agar tak membebani APBD Pemko, bisa mengandeng pihak swasta melalui dana CSR atau langsung meminta salah satu distributor cat yang menjadi sponsor. ”Saya rasa bisa, tergantung komunikasi kembali serta konsep yang harus dibuatkan,” tuturnya.

Ia mengaku tidak memiliki wewenang untuk melaksanakan. Hanya saja memberikan ide atau masukan ke Pemda untuk dipertimbangkan dan direalsiasikan. Tentunya selain memperbaiki tempat wisata yang ada sekarang, mulai dari Pulau Penyengat, Pulau Rebah, wisata magrove atau bakau serta lainnya. Ia akui, kini Pemko Tanjungpinang sudah memperbaki sarana dan parasana di Pulau Penyengat. Ini perlu terus dilanjutkan.(DESI LIZA PURBA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here