Percepat Jembatan Babin

0
248
Gambaran bentuk salah satu jembatan Babin yang sudah dirancang Pemprov Kepri beberapa waktu lalu. f-istimewa

Mbs Gubernur Nurdin berbangga hati karena usulan membangun Jembatan Babin Disetujui Pak Peresiden Jokowi Segra Cari Investor Agar Cepat Terealisir Mumpung Pak Jokowi Lagi Semangat Membangun Infrastruktur Ini adalah timing yg tepat sekali jembatan Babin dijamin dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kepri dan daerah selamat berjuang Pak Gubernur.
081314992494

TANGGAPAN :
Jembatan Babin didesain tidak membentang di atas laut lepas yang biasa dilalui kapal-kapal internasional. Rencana pembangunan proyek ini sduah disetujui presiden. Karena tidak membentang di laut lepas hingga kapal-kapal barang maupun penumpang yang selama ini melintas di laut Bintan, Tanjungpinang dan Batam nantinya tetap bisa berlayar dengan aman dan nyaman di bawah jembatan itu.

Hal ini juga sudah ditegaskan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) di salah satu acara di Yogyakarta, belum lama ini.

Ketinggian Jembatan Babin juga didesain Pemprov Kepri dengan ketinggian tertentu agar bisa dilewati kapal-kapal besar. Sama seperti Jembatan 1 Barelang yang cukup tinggi dan memang didesain agar bisa dilewati kapal besar.

Meski jembatan didesain cukup tinggi, bukan berarti membentang di laut lepas. Sehingga tidak mengganggu alur internasional. Kalau pun kapal internasional masuk Bintan, nanti ada alur sendiri melalui laut lepas, namun bukan melalui bawah jembatan itu.

Buat kapal-kapal internasional yang masuk ke Bintan, mereka akan masuk ke Berakit. Sedangkan ke Tanjungpinang, jarang masuk kapal internasional karena perairannya juga bukan laut lepas.

Di Batam, kapal internasional biasanya lego jangkar di titik-titik yang sudah ditetapkan misalnya di perairan Galang, Kabil maupun daerah Batuampar. Setelah itu mereka langsung ke Selat Malaka. Jadi posisi jembatan babin tidak kena jalur internasional.

Pemangunan dan posisinya tentu memperhatikan keselamatan pelayaran di laut dan kelancarannya tranportasi. Pembangunan Jembatan Babin ini juga diperuntukkan untuk memperlancar arus lalu lintas darat tiga wilayah yakni Batam, Bintan dan Tanjungpinang.

Saat ini, Pemprov Kepri belum memutuskan apakah Jembatan Babin akan dibangun investor atau APBN. Namun, kemungkinan besar akan dibangun investor kerja sama swasta.

Gubernur Kepri beberapa waktu lalu juag menyebutkan proyek strategis Provinsi Kepri ini harus ditetapkan dulu nanti dalam bentuk Keputusan Presiden (Kepres) atau Peraturan Presiden (Perpres) sebelum dibangun. (ais)

Brigjend Jamhur Ismail
Kadishub Pemprov Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here