Percepat Jembatan Babin

0
844
Maket Jembatan Batam-Bintan. f-istimewa

Mbs Gubernur Nurdin berbangga hati karena usulan membangun Jembatan Babin Disetujui Pak Peresiden Jokowi Segra Cari Investor Agar Cepat Terealisir Mumpung Pak Jokowi Lagi Semangat Membangun Infrastruktur Ini adalah timing yg tepat sekali jembatan Babin dijamin dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kepri dan daerah selamat berjuang Pak Gubernur.
081314992494

TANGGAPAN:
Menindaklanjuti rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin), Pemprov Kepri akan melakukan inventarisasi lahan yang kena dampak pembangunan itu. Pemprov akan segera membentuk Tim Pembebasan Lahan Pembangunan Jembatan Babin.

Tim ini akan melibatkan beberapa instansi pemerintahan daerah seperti Pemko Batam, Pemkab Bintan termasuk Pemprov Kepri sendiri. Tim inilah nanti yang turun ke lapangan mendata siapa saja masyarakat yang tinggal di lokasi yang kena dampak pembangunan jembatan itu.

Inventarisasi akan dilakukan baik itu di Tanjungsauh Batam, Pulau Buau Batam dan Bintan. Di Pulau Buau, diduga belum berpenghuni. Meski demikian, tim tetap akan turun ke sana nanti untuk melihat lokasi itu.

Pemerintah daerah membantu memperlancar pembangunan mega proyek tersebut. Biaya untuk pembebasan lahan nanti, kemungkinan besar akan dilakukan si kontraktor swasta atau investor yang membangun jembatan itu.

Jadi, kita sifatnya membantu agar pembangunan itu makin lancar. Tim kita bentuk, tapi anggaran pembebasan lahan bukan dari pemerintah daerah. Dari investornya atau swasta yang membangun

Saat ini, investor yang ingin membangun Jembatan Babin masih menunggu penetapan Kepres atau Perpres. Kalau Kepres atau Perpres sudah turun dan investor datang, kita langsung ke lapangan.

Saat turun ke lapangan nanti, tim akan bertemu langsung dengan masyarakat. Soal ganti rugi lahan, tim akan melakukan pendekatan dan musyawarah sehingga tidak terlalu memberatkan soal biaya pembebasan lahan itu. Pembangunan Jembatan Babin ini akan membuka akses yang sangat luas dan biayanya murah.

Ada beberapa calon investor yang serius ingin membangun jembatan ini. Biayanya sekitar Rp 7,2 triliun dan bisa rampung dikerjakan 3-4 tahun. Jembatan ini panjangnya 7 kilometer yang akan dibangun dengan tiga trase yakni, trase I Batam-Tanjung Sauh 2,124 Km, Trase II Tanjung Sauh-Pulau Buau 4,056 Km, Trase III Pulau Buau-Bintan, 855,3 meter. (mas)

Naharuddin
Kepala Bappelitbang Pemprov Kepri,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here