Percepat Jembatan Babin!

0
75
Maket jembatan penghubung Pulau Batam dan Pulau Bintan yang sudah disiapkan Pemprov Kepri f-suhardi/tanjungpinang pos

Mbs Gubernur Nurdin berbangga hati karena usulan membangun Jembatan Babin Disetujui Pak Peresiden Jokowi Segra Cari Investor Agar Cepat Terealisir Mumpung Pak Jokowi Lagi Semangat Membangun Infrastruktur Ini adalah timing yg tepat sekali jembatan Babin dijamin dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kepri dan daerah selamat berjuang Pak Gubernur.
081314992494

Wujudkan Jembatan Babin
MBS Jembatan Babin, akan menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Bintan. Suatu kebanggaan untuk kepulauan Riau dan Indonesia bila kelak terujut. Menjadi kenangan buat anak dan cucu dikemudian hari. Sebagai hasil pembangunan dari pendahulu mereka.
081364221356

Tanggapan:
Presiden RI Joko Widodo sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono untuk membangun Jembatan Batam-Bintan (Babin).

Pas saya satu mobil dengan Pak Menteri PUPR, Beliau mengatakan akan membangun Jembatan Batam Bintan. Saya tanya, apakah informasi itu bisa dijual? Ini perintah Presiden untuk membangun Jembatan Batam Bintan

Presiden ingin membangun infrastruktur bukan hanya untuk keperluan kemajuan ekonomi semata. Juga mengangkat derajat bangsa. Sebagai daerah perbatasan, derajat bangsa harus ditunjukkan di daerah ini.

Untuk menindaklanjuti perintah Presiden itu, menteri sudah meminta Dirjend Bina Marga Kementerian PUPR untuk membahas rencana pembangunan Jembatan Babin ini dengan Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri.

Tim kita sduah berangkat ke Jambi. Disanalah ada pembahasan Jembatan Batam Bintan. Jadi pemerintah benar-benar serius ingin membangun jembatan ini.

Ini bukan nak borak-borak, memang itulah apa adanya. Pemerintah pusat memberi perhatian serius untuk Kepri ini.

Jika selama ini rencana pembangunan jembatan ini ditawarkan kepada swasta untuk membangunnya, kali ini tidak lagi. Pemerintah yang akan membangunnya.

Dengan penemuan teknologi terbaru pembangunan jembatan di atas air, maka bisa dilakukan penghematan anggaran 40-50 persen untuk membangun jembatan ini.

Jika sebelumnya biaya pembangunan jembatan ini sekitar Rp7 triliun lebih sesuai rancangan Pemprov Kepri, maka rancangan Kementerian PU cukup Rp3,5 triliun saja.

Pembangunan infrastruktur di Pulau Sumatera itu hampir Rp100 triliun. Kita Rp3,5 triliun saja. Pasti pusat sanggup membangunnya.

Apabila pembangunan jembatan ini dilakukan swasta, maka biaya untuk pengembalian modalnya cukup lama. Jembatan ini bisa jadi seperti tol yang harus bayar per kilometer.

Karena itu, Presiden Jokowi memerintahkan agar dibangun pemerintah, bukan lagi dibangun konsorsium swasta.

November ini, Presiden diundang datang ke Kepri untuk meninjau dan meresmikan sejumlah kawasan dan proyek strategis. Namun Nurdin belum bisa memastikan tanggal kedatangannya.

Jokowi akan datang untuk meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Asam Karimun. Saat launching akan ada peletakan batu pertama pembangunan Jembatan Babin.

Kita undang Pak Presiden untuk meresmikan KEK di Pulau Asam. Disitulah kita harapkan dimulai juga pembangunan Jembatan Batam Bintan ini.

Ini bukan isu hangat untuk kepentingan politik. Tapi dari awal Pak Presiden sudah menyetujui pembangunan jembatan ini. Dan kali ini, Pak Presiden memerintahkan membangunnya. Kehadiran jembatan ini sangat penting untuk menyatukan dua pula besar dan lima pemerintahan yakni, Pemko Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, Pemprov Kepri, Pemkab Bintan dan Pemko Tanjungpinang.

Jembatan ini kelak akan menjadi satu kekuatan ekonomi baru di Kepri dengan lancarnya arus barang dan orang di tiga kabupaten/kota ini.

Pemerintah Singapura juga melihatnya demikian. Akan terjadi perubahan besar dalam pertumbuhan ekonomi Kepri apabila jembatan ini sudah dibangun. Bahkan, pemerintah Singapura menunggu realiasi jembatan ini.

Jika dicermati, rencana pembangunan jembatan ini sudah dimulai saat Ismeth Abdullah menjabat sebagai Gubernur Kepri. Inilah ide Ismeth Abdullah sama seperti idenya membangun Pulau Dompak dengan tiga jembatan penghubungnya.

Setiap menjelang tahun politik, ini menjadi isu menarik perhatian masyarakat. Karena jembatan ini memang dinantikan hampir 1,5 juta jiwa warga di tiga daerah ini. Kali ini, Nurdin mengatakan, isu Jembatan Babin bukan untuk kepentingan politik. (mas)

H Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here