Percepat Lelang Proyek

0
207
Arif Fadillah

Ayo percepat lelang proyek biar makin cepat terasa hasil pebangunan. Jangan lupa pasang papan plang kegiatan, yg menunjukan; Pekerjaanya? Sumber dananya? Dikerjakan oleh siapa? Yg artinya penjelasan pertanggung jawaban utk diketahui publik tdk ada. Sudah Agustus, tapi masih minim terlihat pembangunan. Sudah berapa persen progres pembangunan bukan ini?
+6281270319696

TANGGAPAN:
Serapan anggaran fisik Pemprov Kepri masih berkisar di angka 34,8 persen. Bisa dipastkan sampai saat ini masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih melakukan proses lelang proyek fisik.

Artinya, tidak lebih dari 50 persen OPD atau jauh dari target serapan APBD 2018. Padahal, target serapan hingga triwulan dua mestinya di atas 50 persen dan Sekarang sudah masuk AGustus. Namun kenyataannya, hingga pertengahan triwulan tiga ini sebanyak 32 OPD serapannya di bawah 50 persen.

Penyerapan anggaran rata-rata dilakukan pada belanja tidak langsung dan sebagian belanja langsung. Untuk belanja langsung masih banyak program yang dikerjakan pihak ketiga yang masih dalam proses pelaksanaan pekerjaan.

“Harusnya di triwulan dua itu, sudah 50 persen. Namun kita maklumi juga, karena sudah terbiasa kita lelang di triwulan dua dulunya. Tapi ini belum sampai kesana kawan-kawan. Padahal pak gubernur sudah wanti-wanti, lelang harusnya bisa cepat lebih awal, tapi ini belum juga selesai. bahkan sudah memasuki triwulan tiga.

Ke depan, sistem lelang proyek fisik ini polanya jauh lebih dipercepat. Biro layanan Pengadaan sudah bisa membuka rencana lelang tersebut pada Desember. Sehingga pada Januari sudah ada lelang yang selesai dan langsung pekerjaan fisik.

Pemprov Kepri, harus mengubah secepatnya pola serapan anggaran supaya tidak berotensi Silpa. Kegiatan-kegiatan yang belum terlaksana pada awal triwulan I dan II diprioritaskan agar dilakukan percepatan pelaksanaan untuk menghindari terjadinya penumpukan anggaran, yang akhirnya dapat berpotensi terjadinya Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) pada akhir tahun. (ais)

Arif Fadillah
Sekda Provinsi Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here