Percepat Pembangunan Jembatan Babin

0
84
Maket jembatan yang akan menghubungkan Pulau batam-Bintan (Babin) yang dirancang Pemprov Kepri. f-suhardi/tanjungpinang pos

MBS Jembatan Babin, akan menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Bintan. Suatu kebanggaan untuk kepulauan Riau dan Indonesia bila kelak terujut. Menjadi kenangan buat anak dan cucu dikemudian hari. Sebagai hasil pembangunan dari pendahulu mereka.
081364221356

TANGGAPAN:
Pemerintah Pusat akan membangun Jembatan Batam Bintan. Kita sudah sepakati mau kita bangun. Ini perjuangannya kita di kepri dan kita Kementerian sudah mengambil disain (DED) terbaru yang disiapkan Pemprov Kepri. Detail Engineeing Disain (DED) yang baru memang terlibat penurunan pembiayaan cukup besar. Dari pembiayaan yang awalnya sebesar Rp7 triliun, kita menjadi Rp3,4 triliun.

Dengan DED yang baru, yang semakin memanfaatkan teknologi, biayanya turun drastis. Kemungkinan dana pembangunanya dari APBN melalui Kementerian PUPR. Secara kebijakan, kami setuju.

Pemanfaatan Jembatan Batam Bintan untuk penyaluran air dari Pulau Bintan juga bisa dilakukan. Soal mengalirkannya melalui jembatan Batam Bintan, kita akan lihat ke depannya.

Pembangunan waduk Busung di Pulau Bintan memang menjadi salah satu proyeksi pemerintah. Di lokasi-lokasi yang punya potensi untuk pengairan, kami akan melihat potensi pembangunan waduk atau bendungan.

Soal air, kalau ada potensi di dekat-dekat sini, pasti kita bangun. Di Busung potensinya lebih besar. Hasilnya juga akan mengalir ke Batam.

Karena pembangunan oleh pemerintah pusat, kemungkinan penawaran untuk investor tidak ada lagi. Semua ini untuk kepentingan masyarakat.

Selain itu Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jendral (Purn) Moeldoko segera mengirim tim ke Kepri untuk mengecek sejumlah proyek yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Tanjungpinang.

Beliau akan menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek sekaligus menyesuaikan jadwal kegiatan Presiden ke Kepri. Karena masih padatnya jadwal.

Saya diundang ke Jakarta memang untuk membahas rencana peresmian sejumlah proyek strategis di Kepri yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Kesempat itu sudah kita manfaat untuk mem-follow up sejumlah kegiatan lain terkait pembangunan di Kepri.

Dalam perbincangan lebih satu jam itu, banyak hal dibicarakan terkait pembangunan dan kemajuan Kepri. Pak Moeldoko sudah melihat tentatif kegiatan untuk kemajuan Kepri.

Ada juga tim KSP, Kemenko Perekonomian juga mengirim tim teknisnya. Tim tersebut sudah meninjau ke lapangan

Sebelumnya juga saya bertemu Siti Nurbaya, Menteri Kehutanan, untuk membahas permasalahan hutan di Pulau Asam. Karena pulau ini terus dalam progres menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selain itu bertemu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Nurdin membahas perkembangan sejumlah usulan KEK di Kepri. Di antaranya Rempang Galang, juga beberapa pulau yang dikelola menjadi daerah wisata. (mas)

H Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here