Percepat Pembangunan Pelabuhan Berhala

0
487

ANAMBAS – PEMBANGUNAN Pelabuhan Berhala yang terletak di Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja terus digesa. Pelabuhan tersebut, diperuntukkan bagi kapal penumpang KM Bukit Raya. Sebelumnya, kapal tersebut hanya labuh jangkar untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Untuk itu, masyarakat berharap pelabuhan segera selasai dan dapat segera dioperasikan.

”Hampir dua tahun ini pelaksanaan pekerjaan dilakukan, kami berharap kontraktor lebih serius dan jangan sampai tidak selesai pengerjaannya,” tegas Bahri, tokoh masyarakat Jemaja, Selasa (11/7).

Menurutnya, masyarakat bosan karena harus bersusah payah menyeberang ke tengah laut u ntuk menaiki kapal. Biasanya, warga yang ingin berangkat dengan KM Bukit Raya harus menaiki perahu kecil untuk menaiki kapal. Tentunya, kondisi itu sangat berisiko bagi masyarakat yang hendak berpergian menggunakan kapal KM Bukit Raya.

”Jika pelabuhan itu selesai, ke depannya tidak ada lagi penumpang kapal KM Bukit Raya diturunkan atau naik di tengah laut karena kapal sudah bersandar di pelabuhan,” ungkap Bahri. Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Nurman mengatakan, bahwa proyek itu dikucurkan dari Kementerian Perhubungan ( Kemenhub).

Namun, Nurman menegaskan tidak mengetahui persoalan teknis pengerjaan pelabuhan tersebut. Pasalnya, pihak Kemenhub RI tidak melibatkan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perhubungan pada proyek pelabuhan itu.

”Secara teknis saya tidak paham dan saya akui pembangunan pelabuhan berhala terus dilakukan,”kata Nurman. Menurutnya, sejauh ini warga sekitar Kecamatan Jemaja sangat membutuhkan pelabuhan tersebut yang diperuntukan bagi para penumpang kapal KM Bukit Raya atau sejenisnya. Lanjutnya, Kemen hub RI sangat konsen terhadap sejumlah pembangunan untuk Anambas. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here