Percepat Pemerataan Pembangunan

0
740
FOTO BERSAMA: Sisswa dan guru berprestasi foto bersama dengan para pejabat Kepri di Dompak usai memperingati Hari Kebangkitan Nasional, kemarin. f-istimewa/humas pemprov kepri

Dompak – Gubernur Kepri H.Nurdin Basirun menyerukan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di Kepri baik pembangunan, mental, Sumber Daya Alam (SDA), spiritual, ekonomi hingga infrastruktur.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Pendidikan Nasional yang disejalankan dengan Hari Kebangkitan nasional tingkat Provinsi Kepri tahun 2017 di lapangan Kantor Gubernur di Dompak, Senin (22/5).

Dalam amanatnya Gubernur mengatakan bahwa salah satu wujud kebangkitan bangsa adalah dengan meratanya pembangunan di berbagai sektor. Semua sektor harus terus dibangun demi meningkatkan pemerataan ekonomi dan meningkatkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Misalnya pembangunan di sektor infrastruktur, dan sektor konektivitas.

”Kepri memiliki wilayah yang strategis. Maka pembangunannya juga perlu perhatian yang strategis, wilayah kita yang berupa kepulauan ini dituntut untuk memiliki infrastruktur yang memadai serta jaringan konektivitas komunikasi yang baik. Ini merupakan kebutuhan pokok yang sangat diinginkan oleh masyarakat,” ujar Gubernur.

Baca Juga :  Hari Ini, Operasi Patuh Seligi Dimulai

Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional 2017 di Kepri kali ini mengangkat tema ‘Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional’.

Tema ini, lanjut Nurdin pesan yang seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan dan implementasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dilanjutkan Nurdin bahwa Kebangkitan Nasional diwujudkan dengan kemampuan untuk bangkit dalam memerangi berbagai hal, seperti kemiskinan, kebodohan, pengangguran. Tidak hanya itu ancaman dan hambatan dari luar juga patut dicermati, budaya yang tidak sesuai dengan ideologi dasar bangsa serta memerangi narkoba dan korupsi.

Tidak hanya dari segi pembangunan saja, peningkatan pendidikan juga patut terus digesa, pendidikan yang merata serta berkualitas merupakan tujuan yang harus dicapai demi mewujudkan cita-cita Indonesia yang tertuang pada pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga :  Harus Bentuk Tim Merebut Labuh Jangkar

”Ke depan untuk pendidikan, diharapkan Kepri bisa lebih maju dan mampu berkompetisi. Karena mengubah bangsa perannya dimulai dari para generasi muda kita, para pendidik juga perlu perhatian khusus. Maka berbagai elemen tersebut perlu ditingkatkan agar kota mampu berdaya saing dan peka terhadap perubahan dan perkembangan zaman,” ujar Nurdin.

Upacara sendiri berlangsung dengan tertib dan khidmat, pada kesempatan ini didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah, Gubernur juga menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada Purna Bhakti pendidik se Provinsi Kepri berjumlah 15 orang.
Pemberian penghargaan kepada pendidik dan tenaga pendidikan yang telah menyelesaikan studi S3 berjumlah 7 orang serta pemberian penghargaan kepada siswa/siswi berprestasi se Provinsi Kepri baik di tingkat nasional maupun internasional yang berjumlah 25 orang.

Baca Juga :  November, BEKRAF dan Pemko Pamerkan Produk Lokal di Gedung Gonggong

Selesai upacara Sekretaris Daerah TS. Arif Fadillah meninjau pasar tani karya Dinas Ketahanan Pangan yang berada berdekatan di lokasi upacara. Pasar tani tersebut memajang beragam hasil panen diantaranya cabai, telur, sayur dan tanaman hijau lainnya.

Hadir juga pada kesempatan ini Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Fachri, anggota DPRD Provinsi Kepri Teddy Jun Askara, Ketua BP3KR Huzrin Hood, OPD, Perwakilan PNS, Mahasiswa/i serta Siswa/i SD, SMP dan SMA/SMK Se-Provinsi Kepri, peserta Kapal Pemuda Kepri juga tamu undangan lainnya. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here