Perda Jadi Kendala Membuat IMB

0
912
Minwardi

NATUNA – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Natuna Minwardi menyebutkan, beberapa bangunan yang berada di pinggir jalan tidak mungkin mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Hal itu dikarenakan tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan izin IMB. Minwardi menjelaskan, beberapa bangunan atau gedung gedung posisinya terlalu mepet dengan jalan. Sehingga, bersinggungan dengan aturan yang ada.

”Membuat IMB itu pada dasarnya tidak sulit dan secara administrasi pemerintah sangat memudahkannya. Hanya saja, banyak bangunan dan gedung yang tidak mencukupi syarat untuk mendapatkan izin itu,” kata Minwardi, kemarin.

Baca Juga :  TNI AU Rekrut Pemuda Subi

Minwardi mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang bangunan dan gedung (BG) posisinya berada delapan meter dari jalan. Seharusnya, posisi bangunan atau gedung harus berada 10 meter dari jalan.

”Aturan ini bersinggungan dengan kenyataan yang ada di Natuna. Makanya tak mungkin membuat IMB bagi gedung dan bangunan yang ada di pinggir jalan, karena kebanyakannya berada di bawah ketentuan jarak yang telah ditentukan pada Perda,” jelas Minwardi.

Selain IMB, Perda itu juga disebutnya berpotensi menghalangi gerakan investasi di Natuna. Sedangkan, salah satu persyaratan investasi harus mengantongi IMB. ”Dampak buruknya terhadap investasi pasti ada. Laju investasi juga turut terhambat dengan ketentuan itu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Telkomsel Abaikan Nawacita Presiden

Terkait kondisi ini, Minwardi mengaku telah menyampaikan solusinya kepada Bupati Hamid Rizal. Solusi tersebut, dengan cara mengubah peraturan tersebut agar tidak ada lagi gedung dan bangunan tanpa IMB.

”Jalan satu-satunya peraturan itu harus diubah, karena tidak mungkin bangunan dan gedung yang telah dibangun dirobohkan kembali. Dan ini sudah saya sampaikan kepada pak Bupati, beliau sedang mempertimbangkannya,” ujar Min. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here