Perda Penyelenggaraan Parkir Diberlakukan

0
801
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim memberikan penjelasan kepada awak media usai, Paripurna Pengesahan Perda Penyelenggaraan Parkir, Rabu (282) kemarin.F-ALRION/tanjungpinang pos

DPRD Karimun, Rabu siang (28/2) mengesahkan rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Penyelenggaran Parkir pada sidang paripurna terbuka untuk umum di Balai Rong Sri.

KARIMUN – Sidang paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Karimun, Bakti Lubis. Pemerintah Daerah diwakili Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Karimun serta dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Ketua Pansus Ranperda Penyelenggaraan Parkir Sulvanow Putra saat menyampaikan laporan fraksi, dengan disahkannya Ranperda ini menjadi Peraturan Daerah (Perda) Tentang Pengelolaan Parkir. Sehingga, dapat meningkatkan retribusi ke kas daerah sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga :  2018, Jembatan Antarpulau Dibangun

Perda Penyelenggaraan Parkir mengatur tentang tata pengelolaan parkir, penetapan zona atau wilayah parkir dan lainnya. Sedangkan, tentang nilai atau tarif pakir ditentukan oleh Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Karimun.

”Pemerintah harus dimaksimalkan melihat peluang parkir, untuk meningkatkan penerimaan daerah. Termasuk dengan sistem pengelolaan parkir yang profesional. Sehingga, tidak ada wilayah atau zona yang tidak terpantau, tanpa harus mengganti petugas parkir yang sudah ada saat ini,” kata Anggota Pansus, Rodiansyah.

Ia yakin, jika pengelolaan parkir dimaksimalkan dengan jumlah kendaraan setiap bulan bertambah. Peluang penerimaan dari parkir, untuk pertahun dapat mencapai angka diatas Rp 1 miliar.

Baca Juga :  Dinkes Siapkan ADS Hadapi Difteri

Untuk memudahkan penerimaan parkir, ia mengusulkan saat pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan. Sekaligus diwajibkan membayar iuran parkir tahunan. Pemilik kendaraan tersebut, akan diberikan id card telah membayar parkir, sehingga saat parkir ia tidak lagi harus membayar parkir.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here