Perda RTRW Miskinkan Lingga

1
999
Kamarudin Ali

LINGGA – WAKIL Ketua I DPRD Lingga H Kamarudin Ali menuding DPRD Provinsi Kepula uan Riau (Kepri), ingin memiskinkan masyarakat Kabupaten Lingga. Pernyataan itu disampaikannya, terkait tidak terdapatnya alokasi daerah pertambangan dalam Perda Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Kepri 2011-2031.

Sebab, pertambangan di Kabupaten Lingga menjadi salah satu sumber pendapatan utama bagi masyarakat Lingga. ”Aktivitas pertambangan di Kabupaten Lingga sudah ada, dan jauh sebelum provinsi Kepri berdiri. Tidak hanya menyumbang pendapatan daerah, aktivitas pertambangan juga memberikan kontribusi bagi pendapatan negara,” tegas Kamarudin Ali, Senin (4/9).

Baca Juga :  Masyarakat Cemaskan Investasi Bodong di Pulau Buaya

Ia menambahkan, sebelumnya surat resmi permintaan revisi Perda RTRW Kepri telah disampaikan Pemkab Lingga DPRD Kepri. Namun, hingga saat ini tidak ada respon yang positif ditunjukkan untuk merevisi Perda tersebut. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa DPRD Kepri tidak peka terhadap persoalan Kabupaten Lingga. ”Sedangkan presiden saja sudah mengeluarkan instruksi, agar setiap daerah berupaya memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan PAD,” sebut Kamarudin.

Dengan tidak tercantumnya alokasi pertambangan tersebut, banyak investor di bidang pertambangan yang membatalkan rencana investasi. Dengan batalnya investasi tersebut, secara langsung merugikan Kabupaten Lingga. ”Ini persoalan mendesak, kenapa terus dibiarkan mengambang,” sebutnya.

Baca Juga :  Pemkab Bantu Minibus untuk Pelajar Selayar

Pria yang akrab disapa Wak Den ini, mendukung penuh rencana Bupati Lingga H Alias Wello yang akan menggugat Perda RTRW Kepri. Namun, gugatan yang akan dilakukan harus memuat kajian kajian yang mendalam.(TENKU IRWANSYAH)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Selamat siang dan yang terhormat Bapak Bupati/Wabupati/Sekda/Ketua DPRD Kabupaten Lingga
    Mohon informasi untuk RTRW Wilayah Kabupaten Lingga, Bagaimana kami bisa mendapatkan data dan informasi tentang RTRW, karena kami dari perusahaan ingin mengetahui RTRW yang ada di Kab.Lingga; berkaitan dengan wilayah untuk industri perikanan, budidaya perikanan.
    Mohon bantuan informasi dan penjelasan.
    Demikian dan terima kasih
    Salam,
    Irwan Wijaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here