Perdana, Napi Narkotika Diberi Pesantren Kilat

0
422
BERSAMA SEKDA: Kalapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang Misbachudin bersama Plt Sekda Bintan Adi Prihantara, saat ingin berbuka puasa dengan napi narkoba, Rabu sore. f-istimewa

KIJANG – Untuk pertama sekali, Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang memberikan pesantren kilat bagi warga binaan atau nara pidana, pada Ramadan 1438 hijriah ini. Pesantren kilat diberikan kepada napi narkotika yang beragama Islam, untuk beberapa tahap.

Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang Misbachudin menjelaskan, pesantren kilat bagi napi narkotika itu dimulai, Rabu (14/6) sore lalu untuk 50 orang pada tahap pertama. Pesantren kilat dilaksanakan beberapa tahap, selama lima hari.

”Jumlah napi narkotika di Lapas Km 18 Kijang ini mencapai 368 orang. Makanya, pesantren kilat dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap pertama diikuti 50 orang warga binaan,” sebut Misbachudin, kemarin. Misbachuddin mengatakan, program pesantren kilat perdana di Lapas Narkotika ini bertujuan untuk meningkatan spirit ketaqwaan bagi para napi.

Pesantren kilat ini diharapkan mampu membentengi hati warga binaan. Agar, setelah sudah menjalani masa tahanan, tidak lagi mengulang kesalahan yang sama. Dalam Ramadan ini, Misbachudin juga membuat program kegiatan berbuka bersama napi di dalam Lapas Narkotika. Uniknya, berbuka bersama ini mengundang sanak keluarga para warga binaan.

”Jika selama ini, keluarga para warga binaan hanya bisa menjenguk, sekarang kita berikan kesempatan mereka untuk berbuka bersama di Lapas Narkotika ini. Berbuka bersama dengan keluarga para warga binaan itu, kami laksanakan Jumat (16/6) sore ini, dan Sabtu (17/6) sore besok,” jelas Misbachudin. Seorang warga binaan, Abah merasa sangat bersyukur sekali dengan kegiatan ini. Karena dia bisa mengerti tentang agama.

”Sangat berterima kasih sekali dengan pembina-pembina di sini. Karena saya bisa belajar banyak tentang agama,” ungkap pria yang sudah menjadi penghuni selama 1,5 tahun itu.

Pembukaan pesantren kilat di Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang turut dihadiri Kepala Kemenkum dan HAM Provinsi Kepri Bambang Widodo, Plt Sekda Bintan Adi Prihantara, anggota DPRD Bintan Zulfaefi dan Hasriawadi serta sejumlah undangan lainnya. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here