Perekaman KTP-el Dikebut

0
290
Penjab Wako Tanjungpinang Raja Ariza memimpin rapat dengan, DPRD, FKPD, KPU, Panwaslu membahas persiapan pilkada Tanjungpinang, Rabu (11/4). F-istimewa

Penjab Wali Kota Tanjungpinang H Raja Ariza meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang, agar mempercepat perekaman KTP Elektronik.

TANJUNGPINANG – Pemko menargetkan perekaman KTP-el selesai sebelum pilkada 2018 dilaksanakan 27 Juni mendatang. Dengan begitu semua daftar pemilih tetap (DPT) data dirinya sudah terekam seluruhnya. Ia juga minta kepada masyarakat, yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik, agar segara melakukan perekaman. Sebab, masih banyak warga Tanjungpinang memiliki KTP SIAK, tapi belum melakukan perekaman KTP-el. KTP SIAK sendiri sudah tidak berlaku untuk Pilkada lagi, juga tidak berlaku dalam dalam hal pengurus administrasi lainnya. Termasuk untuk administrasi pemerintahan, perbankan dan lain-lainnya.

Hal ini diungkapkan Raja Ariza saat memimpin rapat bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), KPU, Panwaslu membahas tentang progres pengawasan tahapan kampanye Pilkada Tanjungpinang, 27 Juni mendatang, di kantor Wali Kota Tanjungpinang, Rabu (11/4) .

Raja Ariza mengatakan Pemko akan terus melakukan sosialisasi dan terus melaksanakan pemutakhiran data pemilih agar tidak ada data ganda. Agar masyarakat semua memilih, terutama yang sudah mempunya hak memilih.

”Saya harapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang ngebut untuk terus melaksanakan perekaman data KTP-el bagi masyarakat yang belum melaksanakan perekaman. Karena salah satu syarat untuk mendapat hak pilih adalah bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman KTP-el dan datanya sudah direkam ke database Kementerian Dalam Negeri,” paparnya.

Ariza juga mengharapkan pihak TNI dan Polri juga turut berperan aktif dalam melaksanakan pengamanan pada saat tahapan pemilukada berlangsung. ”Sebagai mitra pemerintah, mari bersinergi dalam mewujudkan Pilkada Tanjungpinang yang damai, aman dan kondusif. Itu adalah harapan kita semua, saya yakin dan percaya hal tersebut dapat terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno berharap peran penting aparat TNI dan Polri dalam penyelenggaraan pemilu damai. ”Saya berharap Pemko dan KPU terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya. Dan menjaga sinergitas dengan mitra pemerintah dalam hal ini TNI dan Polri,” ungkapnya.

Sedangkan Maryamah, Ketua Panwaslu Kota Tanjungpinang mengatakan terkait masalah Pilkada, Panwaslu terus melakukan pengawasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang mungkin terjadi pada tahapan pemilu.

”Panwaslu pada saat ini telah melantik jajaran pengawas pada tingkat kota dilantik 3 orang pengawas, kecamatan dilantik 12 orang dan kelurahan dilantik 18 pengawas. Ini bertujuan untuk memberikan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye dan mendata pelanggan yang terjadi di lapangan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria menjelaskan perkembangan tahapan Pikada Tanjungpinang masuk dalam tahapan kampanye yang telah berlangsung sejak bulan Februari sampai dengan bulan Juni nanti.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here