Perencanaan Selaras, Pembangunan Sukses

0
334
ARIF Fadillah menyerahkan cenderamata saat menerima Kunjungan Kerja Pemprov Jabar di Aula wan Sri Beni Dompak, Tanjungpinang, Rabu (25/7). f-istimewa/humas pemprov kepri

DOMPAK – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS Arif Fadillah menjelaskan perihal pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) sebagai integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Sebagai produk akhir dari SAKIP adalah Laporan Akuntablitas Kinerja Akuntablitas Instansi Pemerintahan (LAKIP), menggambarkan kinerja yang telah dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan dengan pembiayaan melalui APBN atau APBD.

Pemerintah Provinsi Kepri terus melakukan penyesuaian untuk memaksimalkan kinerja daerah dengan menemukan solusi terbaik dalam setiap permasalahan agar tepat sasaran dan tujuan pembangunan dapat dicapai.

Hal ini disampaikan Arif saat menerima Kunjungan Kerja Pemerintah Jawa Barat ke Pemerintah Provinsi Kepri dalam rangka Pembahasan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Khususnya Komponen Perencanaan bertempat di Aula wan Sri Beni Dompak, Tanjungpinang, Rabu (25/7).

Arif menjelaskan bahwa berdasarkan penilaian dari Kementerian PAN & RB, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendapatkan peringkat BB pada tahun 2017. Ini adalah berkat kerjasama, keras keras serta komitemen yang tinggi dari kawan-kawan OPD.

”Hasil penilaian ini patut untuk kita apresiasi, namun hal tersebut memang sudah seharusnya serta menjadi tanggung jawab kita untuk bekerja baik, efektif dan efisien demi kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Arif.

Untuk menghasilkan nilai SAKIP yang lebih baik ke depannya Pemerintah Provinsi Kepri telah melakukan beberapa strategi diantaranya adalah Membangun komitmen pimpinan instansi akan pentingnya implementasi SAKIP dan dijadikan unsur penilaian kepala daerah.

Memperkuat soliditas tim fasilitas SAKIP dan pendampingan dengan KEMENPAN & RB, Mengembangkan sistim Perencanaan Kinerja dan Penganggaran Kinerja berbasis elektronik secara terintegrasi dan Mengembangkan sistim monitoring, evaluasi dan pengumpulan data baik pencapaian kinerja dan penyerapan anggaran berbasis informasi dan teknologi (e-sakip). (mas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here