Pergerakan Revolusi Industri 4.0 Menuju 5.0

0
259
Elvia Murni

Oleh : Elvia Murni
Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Tanjungpinang

“World has changes” demikian sebuah slogan yang dewasa ini sering kita dengar di berbagai media. Tak hanya sebuah slogan, kata-kata itu seperti sebuah simbol akan kemajuan era modern yang ditandai dengan daya jelajah tanpa batas yang saat ini dapat digapai hanya dalam genggaman ditangan dengan bantuan tekhnologi informasi dan digitalisasi.

Seakan ada sebuah pertarungan yang nyata telah dimenangkan oleh sebuah ruang bebas digital dibanding ruang gerak manusia secara lahiriah. Dalam sekejap segala informasi dapat diraih dengan jaringan yang berbasis tekhnologi modern. Seakan tangan manusia kini hanya sebuah sarana untuk menggerakkan mesin dan alat pengganti tenaga manusia yang sangat telaten dan terukur kinerjanya.

Melalui artikel ini penulis mencoba untuk menggambarkan pesatnya kemajuan teknologi yg ditandai dengan revolusi industri 4.0 dan telah menjadi salah satu yg sangat dekat dengan aktifitas manusia. Salah satu dari bentuk industri 4.0 tersebut adalah bidang usaha e-commerce. Sebuat saja konglomeat Jack Ma yang terkenal dengan bisnis e-commercee ALI BABA nya yang telah merambah kepenjuru dunia tanpa batas dan sangat efektif serta efesien dengan omset yang sangat luar biasa. Baik segi profit, segi waktu dan biaya promosi sangat terbantu dengan hadirnya jaringan tekhnologi 4.0 ini. Dimana tenaga manusia telah mampu digantikan oleh serangkaian softwere dan perangkat modern yang utamanya dalam hal pemasaran.

Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian e-commerce secara etimologi. E-Commerce adalah suatu bisnis yang pada saat ini sering diminati oleh masyarakat dari kalangan remaja bahkan ibu rumah tangga, karena bisnis ini memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Saat ini kita berada pada revolusi industri 4.0 yang dimana adanya perkembangan jaringan, era ini memberikan peluang yang besar pada para pembisnis atau pun para masyarakat yang memiliki skill bisnis, agar dapat dikembangkan. Bentuk-bentuk bisnis dalam e-commerce berupa penjualan, pembelian, pemasaran baik barang ataupun jasa. Revolusi industry adalah perubahan yang sangat pesat pada segala bidang, berupa bidang indutri, transportasi maupun bidang pertanian.

Saat ini Indonesia berada di posisi industri 4.0 dan akan menuju ke revolusi industri 5.0. sebelum mencapainya revolusi industry pada titik 4.0, dunia mengalami tiga revolusi terlebih dahulu diantaranya Revolusi industry 1.0 dengan di temukannya mesin uap menggantikan tenaga manusia dan hewan, revolusi industri 2.0 mulai dimanfaatkannya listrik, gas dan minyak bumi, revolusi industri 3.0 sudah digunakannya teknologi otomatis dalam berindustri atau serba komputerisasi di mana robot dan mesin mulai mengantikan peran manusia, revolusi industri 4.0 big data atau saat ini ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan sepenuhnnya, melahirkan model industri yang baru berbasis digital untuk mencapai keefesiensian yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik.

Perkembangan teknologi tidak dapat di pungkiri masanya dan telah banyak sekali mengubah kehidupan manusia dari zaman dahulu hinga masa sekarang ini. Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mengusik kemapanan usaha yang ada, sehingga besar sebuah perusahaan tidak lagi menjadi jaminan, namun focus kepada bagaimana strategi sebuah perusahaan dalam mengembangkan dan mengantisipasi perubahan yang terjadi, dalam konteks inilah kemitraan menjadi penting.

Karena perkembangan teknologi informasi yang sangat luar biasa sangat mempengaruhi pola pikir dan hidup masyarakat maka saat ini wajar jika para pembisnis muda membicarakan tentang kerjasama bukan lagi persaingan sehingga timbul ide baru untuk memajukan penjualan dalam perusahaan, revolusi industri 4.0 merupakan revolusi yang mendekatkan pasar kepada produsen, dulu pasar melalui pasar modern dan tradisional, kegiatan jual beli yang terjadi di pasar di lakukan agar setiap manusia dapat memenuhi kebutuhannya, jaman dulu setiap manusia telah melakukan sistem barter untuk mendapatkan barang-barang yang di butuhkan, lalu jaman terus berganti dan semakin maju saat ini pasar di dekatkan dengan teknologi informasi yang dapat meningkatkan penjualan biaya dan meminimalkan biaya dalam promosi, pemasaran, persediaan dan proses dalam penjualan online, sehingga pasar bisa memasarkan langsung produknya dengan mudah di jejaring internet atau dunia maya tanpa harus membuang biaya penyewaan toko dan sejenisnnya.

E-COMMERCE sudah banyak membawa pengaruh besar terhadap perubahan industri sekarang ini, e-commerce menjadi peluang bagi pelaku usaha kecil dan menengah yang ingin menjangkau konsumen lain secara otomatis kesempatan memperluas daerah penjualan menjadi sangat luas. Dahulu orang sangat sulit dalam jual-beli, transfer dana pemasaran dan lain sebagainnya, sekarang semua sudah mudah dan cepat di akses, alasannya karena keefisiensian dari e-commerce yang selalu ada persiapan persediaan sehingga jasa pengiriman dipercepat dan lebih mudah.

Apabila sekarang kita sebagai pembisnis muda masih suka mengandalkan cara bisnis tradisional maka otomatis akan tertinggal dari pembisnis lain yang selalu update tentang perubahan. Revolusi industri mampu menjadikan lompatan ekonomi yang tinggi, tren belanja online menjadi kesenangan tersendiri bagi generasi muda dan tua, banyak orang yang lebih memilih belanja online ketimbang offline di toko, toko online sendiri memberikan keuntungan bagi pelanggan dengan melakukan transaksi belanja online yang simple meliputi pilih barang, pesan, bayar transfer, menuggu datangnnya barang sampai tujuan, pembeli sudah dapat menikmati itu semua tanpa perlu repot datang ke toko, hal ini tentu sangat menguntungkan karna konsumen dapat menghemat tenaga dan waktu mereka.

Sebentar lagi dunia akan memasuki era refolusi industri 5.0, kenapa harus adanya perubahan lagi ketika teknologi sudah sebegitu majunya? Mungkin ini menurut pendapat sebagian orang seperti itu, tetapi menurut pemerintahan jepang tidak demikian. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, termasuk adanya peran manusia yang akan digantikan oleh robot cerdas, dianggap dapat mendegradasi peran manusia.

Saat ini di Negara Jepang membuat sebuah teknologi dimana mobil tanpa pengemudi, dan robot yang hampir sempurna mirip dengan manusia. Maka dari itu bagi manusia yang memiliki skill maka tingkatkan SDM agar peran kita sebagai manusia tidak digantikan oleh robot sepenuhnya. Untuk buah pemikiran yg penulis sampaikan di atas, penulis mengajak kiranya sebuah kemajuan zaman harus disikapi dengan semangat beradaptasi dan berinovasi sehingga pepatah “tikus mati dilumbung padi” tidak terjadi di negara kita pada umumnya dan diri kita sendiri pada khususnya. Banyak cara yang dapat ditempuh guna memacu pola pikir dan semangat dalam sebuah daya saing diri. Setidaknya penulis merekomendasikan 3 hal yang wajib kita miliki dalam menghadapi era tersebut.

Yang pertama adalah mari bersama kita tingkatkan kecerdasan intelektual diri dengan terus dan terus belajar untuk menggali ilmu dan pengetahuan yg didapatkan baik dibangku pendidikan ataupun dikehidupan keseharian yg penuh dengan ilmu pengetahuan tanpa batas, kedua mari kita gapai kecerdasan emosial dengan terus menjaga sikap dan kematangan emosi dalam dunia modern, karena tidak sedikit manusia yang tergelincir hanya karena emosi yg diluapkan secara tanpa etika di media sosial sehingga membuat tekhnologi justru menjadi jalan untuk sebuah ketidaksopanan dan bertentangan dengan norma kesusilaan dalam peradaban.

Ketiga mari kita tingkatkan kecerdasan spiritual, sebab tiada gunanya ilmu dan sikap yg tinggi dan baik tanpa dibarengi dengan kedekatan diri kepada Yang Maha Pencipta sebab segala sesuatunya tentulah berasal dari Yang Maha Berkuasa dan dengan izinnya jugalah dunia ini dapat berkembang pesat sebagaimana yang kita rasakan sekarang ini. Akhirnya semoga kita mampu memcoba dan menjadi pelaku sekaligus penggerak dalam era industri 4.0 ini untuk kemajuan bersama. Demikian dan terimakasih. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here