Perhimpunan Saudagar Melayu Makin Menguatkan Kepri

0
899
BERI SEMANGAT : Gubernur Kepri H Nurdin Basirun memberi semangat buat para Saudara Melayu Kepri saat menyampaikan kata sambutannya di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (23/9). f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun secara khusus mendukung berdirinya Perhimpunan Agung Saudagar Melayu Kepri di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (24/9). ”Kalau bersama-sama seperti ini, Kepri bisa lebih kuat. Bukan tidak mungkin orang Melayu jadi saudagar asalkan kita siap berkompetitif,” ujar Nurdin dalam sambutannya.

Lebih tegas Nurdin mengaku sangat apresiasi perhimpunan yang digagas langsung putra daerah Kepri, Rida K Liamsi tersebut.  Menurutnya, apa yang dibuat saat ini sesuatu yang tepat di samping Kepri tengah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur.

”Dengan adanya perhimpunan ini, bukan hanya menguatkan barisan saja, melainkan menguatkan peluang barisan kita ke depan. Salah satu membangun sarana infrastruktur, juga memudahkan birokrasi ke depan,” tambahnya.

Tidak hanya fokus di dunia birokrasi, Nurdin di masa kepemimpinannya saat ini, tengah membangun jiwa-jiwa Kepala OPD untuk lebih mengedepankan sikap entreprenuership supaya sama-sama bersinergi dengan cita-cita pembangunan ke depannya.

Baca Juga :  Pajak Hotel Gratis Harus Menyeluruh

”Birokrasi juga harus jadi entreprenuer. Saya juga mendorong potensi yang ada. Peluang ini harus bergerak cepat, kalau tidak kita bergerak dan melihat lebih jauh ke depan, cepat atau lambat pasti kita akan tertinggal,” tambahnya.

Bahkan lebih jelas lagi, Nurdin menyampikan, jika ada peluang investasi ke depan yang dapat menunjang pembangunan Kepri. Tentu sudah pasti dirinya sebagai kepala daerah akan membuka jalan. ”Bahkan kalau pun sampai terkendala di pusat, kami siap bantu membuka jalan dan mencarikan jalan keluarnya,” tambah dia.

Disampaikan ketua terpilih Perhimpunan Agung Saudagar Melayu Kepri Dato Rida K Liamsi menceritakan, terbentuknya perhimpunan ini dilatarbelakangi hasil pemikiran bersama.

Baca Juga :  Perampok Toko Emas Ditembak Polisi

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kepri 24 September 2017, para saudagar melayu bersama Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri, secara suka rela berhimpun dan bertekat untuk membangun persaudaraan, silaturahim dan persebatian (perkumpulan) para saudagar Rumpun Melayu.

Untuk menjaga dan memelihara semangat kewirausawan yang telah diwariskan Laksamana Hang Tuah. Esa Hilang Dua Perbilang, Patah Tumbuh Hilang Berganti, Takkan Melayu Hilang di dunia.

Perhimpunan para saudagar Rumpun Melayu Kepri ini akan bersinergi, berinteraksi dengan perhimpunan para saudagar Rumpun Melayu lainnya di rantau nusantara, khususnya kawasan semenanjung tanah Melayu ini.

Dengan perhimpunan saudagar rumpun bangsa lainnya yang mempunyai semangat dan tujuan yang sama menjaga harkat dan martabat bangsa, dalam kedudukan yang setara untuk kepentingan bersama.

Baca Juga :  TNI Gelar Tabur Bunga hingga Pamer Alutsista

Melihat dari pengalaman sejarah, saudagar Melayu awalnya wujud dari semangat kewirausawan rumpun bangsa Melayu yang telah mampu menghadapi berbagai cabaran dan perubahan zaman. Kala itu, di era Laksamana Hang Tuah pada ratusan tahun.

Sampai saat ini rumpun bangsa Melayu terutama berada di kawasan semenanjung tanah Melayu, seperti Malaysia, Singapura, Thailand Selatan, Brunai Darussalam, Filipina selatan, dan Indonesai daerah Provinsi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan Jakarta. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here