Peringatan HUT RI, 1.720 Napi Terima Remisi

0
264
Rinto

TANJUNGPINANG – Momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di tahun 2018 ini, menjadi behagiaan bagi beberapa Narapidana yang berada bawah Kanwil Kemenkumham Kepri.

Tercatat sebanyak 1.720 Napi akan menerima remisi. Dari jumlah tersebut, 74 orang dinyatakan bebas setelah pengurangan masa tahanan sesuai aturan.

Humas Kanwil Kemenkumham Kepri Rinto Gunawan kepada wartawan di Senggarang, Rabu (8/8) menuturkan, penerima remisi sudah melalui tahapan dan aturan. Contoh sederhananya yaitu, ditetapkan berkelakuan baik.

Ia menuturkan, penerima remisi kali ini, tidak satupun yang tersandung kasus korupsi. Ia memuturkan, pihaknya telah mengajukan ke KemenkumHAM RI, namun tidak disetujui. “Kami sudah usulkan Napi korupsi dapat remisi, karena itu hak setiap warga binaan. Namun pemerintah pusat tidak memberikan persetujuan” ujar Rinto.

Berbeda dengan Napi kasus Narkoba dan pencabulan, pada HUT RI tahun ini menerima pengurangan masa hukuman sesuai ketentuan yang berlaku.

Rinto menuturkan, penerima remisi umum di Lapas Tanjungpinang yaitu 381 orang. Enam diantaranya dinyatakan bebas. Napi dari Lapas Batam 713 orang menerima remisi. Serta yang dinyatakan bebas 47 orang. Napi di Lapas Narkotika 109 orang menerima remisi dan 10 orang bebas.

Selanjutnya, Lapas Anak (LPKA) Batam 34 orang, menerima remisi serta satu orang bebas. Napi di Lapas Perempuan (LPP) Batam 79 orang menerima remisi dan dua orang bebas.
Napi yang menerima remisi di Rutan Tanjungpinang 84 orang dan tercatat tidak ada yang bebas.

Bagi Napi di Rutan Batam184 orang menerima remisi dan lima orang bebas. Di Rutan Tanjungbalai Karimun 140 orang menerima remisi dan bebas tiga orang.

Cabang Rutan Dabo Singkep 32 orang menerima remisi dan tidak ada yang bebas. “Di rencanakan pemberian Remisi secara simbolis dilaksanakan Gubernur Kepri, di Lapas Tanjungpinang tepat pada 17 Agustus 2018,” terangnya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here