Peringati HPN 2019 Wartawan Anambas Gelar Aksi Damai

0
485
Sejumlah wartawan dari berbagai media yang ada di Anambas menggelar Aksi Damai rangkaian Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019.

ANAMBAS – Berbagai kegiatan bisa dilaksanakan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Kali ini, wartawan perwakilan media di Anambas menggelar aksi damai dengan menutup mulut menggunakan lakban. Sejumlah wartawan turun di depan Tugu Buak Jalan Hangtuah, Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan, Jumat (8/2) pagi.

Pantauan di lapangan, diantara mereka ada yang memegang karton bertuliskan himbauan. Diantaranya ‘media anti hoax’. Selain itu, meminta dukungan melalui tanda tangan dari masyarakat yang lalu lalang di kawasan itu.

Koordinator Aksi Damai HPN ke 73 di KKA Fitra Hadi mangatakan, bahwa wartawan memiliki tugas mulia, ikut serta mengawal pembangunan daerah. Mulai dari mengkritisi tindakan oknum yang tidak tepat dan tentunya bersikap mendukung ide pembangunan yang bermanfaat.

Baca Juga :  Desa Landak Butuh Sekdes Baru

Ia menghimbau agar dalam menjalankan profesi tidak ada oknum yang melakukan kriminalitas. “Kami patut apresiasi, di Anambas belum ada kriminalitas kepada rekan-rekan wartawan. Tentu kami juga berkerja tetap pada koridor kode etik jurnalistik,” kata dia.

Menurutnya, aksi yang ditaja juga mempererat solidaritas para pekerja pers yang ada di daerah ini khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Selama ini kita berkerja dengan aktivitas masing-masing. Bertugas memburu informasi guna dipoles dengan komprehensif agar menjadi berita yang layak dikonsumsi ramai,” jelasnya.

Lanjutnya, aksi yang dilakukan dapat memberikan energi baru. Bekerja lebih baik dan terus bisa bermanfaat bagi daerah ini.
“Kami berharap pengabdian kami bisa mendorong pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas, meski banyak dinamika serta retorika yang terjadi saat bertugas,” jelasnya.

Baca Juga :  Desa Perlu Prioritaskan Program Kesehatan

Tambahnya, aksi ini merupakan refleksi bagaimana beratnya perjuangan pers Anambas dalam mendorong pembangunan.

“Ingat pers hadir di segala tingkat sosial masyarakat sebagai corong informasi, yang mampu memberikan aura positif bagi pembangunan negeri,” ucap dia.

Sejak daerah ini terbentuk sambung dia, pers telah eksis hingga saat ini terus menyuarakan aspirasi dan keinginan masyarakat dalam bentuk tulisan informasi aktual dan tentunya berimbang.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini insan pers mampu membangun kepercayaan publik serta dapat menciptakan sinergitas bersama stakeholder dalam membangun dan mengimplementasikan negara yang berdemokrasi demi kemajuan bangsa dan negara,” ujar dia.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan HPN, Indra Gunawan mengatakan, aksi damai menutup mulut menggunajab lakban merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan HPN ke 73 di Anambas.

Baca Juga :  Yudha ke Batam, AKP Jefri Pimpin Polsek Siantan

“Ini merupakan kegiatan pembuka,” ucapnya.
Rencananya, besok, Sabtu (9/2) akan melaksanakan Forum Gruop Discussion (FGD) di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS).

Ia menyampaikan, akan ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan. Diantaranya, bakti sosial, lomba mewarnai tingkat TK dan lomba foto.

“Banyak kegiatan yang kita akan lakukan, sebagai wujud dari eksistensi hadirnya wartawan dalam mendukung majunya pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas,” terang dia. (ign)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here