Perintah Kapolsek, Jambret Tembak di Tempat

0
290
PERIKSA: Anggota Polsek Tebing, Karimun saat memeriksa su rat kendaraan yang terjaring Operasi Cipta Kondisi di wilayah Tebing, Sabtu (29/7) malam. f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – KAPOLSEK Tanjungbalai Karimun AKP Lulix Febyantara memerintahkan anggotanya untuk menembak di tempat pelaku jambret. Hal itu untuk memberikan efek jera bagi para pelaku, yang selama ini meresahkan masyarakat karena ulahnya. ”Selama ini kami lakukan tindakan persuasif, menyelidiki kasus jambret sampai terungkap. Kini, pelaku semakin nekat tidak lagi memilih korban, anak, remaja, dewasa dan orang tua pun bisa jadi korban” kata AKP Lulix Febyantara, Kapolsek TB Karimun, kemarin.

Ia mengingatkan, masyarakat Karimun yang bepergian di malam hari untuk selalu waspada. Ia menyarankan, agar masyarakat tidak membawa barang berharga di dalam tas jika bepergian sendirian atau tidak memakai barang atau perhiasan yang mencolok.
Sehingga, membuat orang berniat untuk memiliki hasrat untuk mendapatkan barang tersebut dengan cara jambret. Di tempat terpisah, LSM Kiprah Nusantara Jhon Syahputra menambahkan, meningkatkan aksi jambret di Karimun tidak lepas dari kondisi ekonomi saat ini. Menurutnya, minimnya lapangan kerja dan upah yang murah membuat orang melakukan nekat melakukan tindak pidana meskipun dengan risiko yang berat.

Untuk mencegah aksi jambret di Karimun, tidak hanya menjadi tugas Kepolisian tetapi tugas semua pihak. Termasuk Pemkab Karimun atau badan yang ditunjuk untuk mendatangkan investor ke Karimun, untuk membuka atau menciptakan lapangan kerja baru pemuda. ”Jika lapangan kerja terbuka, angka tindak pidana bisa diminimalisir karena ada upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup,” ujar Jhon Syahputra. Kejadian tindak pidana pencurian dengan kekerasan harus menjadi bahan evaluasi pemerintah.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here