Perjuangan Veteran Kepri Dijadikan Film

0
517
PLT Ketua LVRI Kperi EW Papilaya SH (tengah) berfoto dengan Ketua UKM Sinematografi Kampus Stisipol Raja Haji Dodi Irawan (kedua dari kanan) bersama Zul Binarto (kedua dari kiri) di kantor DPD LVRI Kepri, kemarin. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sinematografi Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji, mengunjungi Kantor DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (19/2).

Kunjungan tersebut langsung dipimpin Ketua UKM Sinematografi Dodi Irawan yang didampingi mahasiswa Stisipol Raja Haji Zul Binarto. Pada kesempatan itu, sineas muda Stisipol Raja Haji berencana akan membuat film sejarah tentang legiun veteran di Kepri.

”Kami berencana membuat film dokumenter, dengan menggandeng pihak LVRI Kepri. Alhamdulillah, kunjungan kami disambut baik oleh Plt Ketua LVRI Kepri EW Papilaya SH,” kata Dodi, Senin (19/2).

Dodi menjelaskan, rencana itu akan segera direalisasikan bersama LVRI Kepri. Sebagai langkah awal, dengan mengumpulkan beberapa catatan penting mengenai sejarah keberadaan veteran-veteran di zaman konfrontasi Indonesia-Malaysia.

Tak hanya itu, lanjut Dodi, pihaknya juga akan intens bertemu dengan beberapa veteran untuk menggali catatan sejarah lainnya. ”Film dokumenter yang akan dibuat nantinya, akan mengangkat sejarah perjuangan mereka di masanya,” jelas Dodi.

Masih kata Dodi, keinginan membuat film dokumenter itu didasari untuk membangkitkan semangat juang kaum muda kepri dalam mengisi pembangunan di Kepri. Sehingga, sesuai cita-citanya film tersebut akan diputar di beberapa sekolah serta kampus di Tanjungpinang.

”Selain itu, pembuatan film dokumenter itu sebagai bentuk dedikasi dan memberikan penghargaan atas jasa veteran untuk NKRI khususnya Tanjungpinang,” ungkap Dodi, yang juga sebagai sutradara pada produksi film pendek Antara Rupiah dan Ringgit pada Agustus tahun 2017 lalu.

Film Antara Rupiah dan Ringgit, mengantarkan sineas muda Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang masuk nominasi 16 besar Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI).

Festival tersebut, digelar oleh pihak Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) setiap tahunnya. Ajang tersebut, mempertemukan sineas muda nasional dari seluruh kampus di Indonesia.

Plt Ketua LVRI Kepri EW Papilaya SH menyambut baik niatan UKM Sinematografi Kampus Stisipol Raja Haji. Ia mengatakan, bahwa pihaknya bersemangat untuk mewujudkan hal itu bersama sineas-sineas muda dari Kampus Stisipol Raja Haji.

”Saya dukung rencana pembuatan film dokumenter ini. Nanti akan saya sampaikan kepada Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, sebab ini akan membawa nama Kepri,” sebut EW Papilaya SH.

Menurutnya, niat positif itu perlu didukung dan tentunya sejarah itu dapat diketahui masyarakat dan pelajar serta mahasiswa. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here