Perjusami Bentuk Karakter Pelajar

0
669
Upacara: Peserta Perjusami mendengarkan pidato Bupati Karimun Aunur Rafiq saat upacara. f-ISTIMEWA

KARIMUN- Untuk menarik minat siswa bergabung menjadi anggota Pramuka, Kuartir Ranting (Kwarat) Meral melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu dan Minggu (Perjusami).

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu (17-19/11) kemarin di Lapangan Sepak Bola SMAN 3 Karimun yang terletak di Jalan Letjen Soeprapto Meral. Peserta bersal dari siswa tingkat SD/MI dan SMP di se-Kecamatan Meral.

Kepala Sekolah SMAN 3 Karimun, Khairani menegaskan, perkemahan juga dimanfaatkan untuk membangun karakter peserta didik. Usai mengikuti Perjusami, pola fikir anak-anak akan lebih baik. Tidak terlibat dan memiliki niat melakukan hal tak diinginkan. Diantara tawuran atau berkelahi, bolos sekolah, bermain di warnet hingga larut serta lainnya.

Para siswa diajarkan untuk memiliki karakter tanggung jawab, disiplin, mandiri, bersikap baik dan lain sebagainya. Ini merupakan kegiatan pertama, yang di harapkan bisa terus berkelanjutan. Disejalan dengan pelantikan pengurus Kwarat baru dan dilaksanakan, Sabtu (18/11) kemarin.

”Sebagai anggota Pramuka, kegiatan seperti ini sangat membanggakan. Serta mengucapkan terima kasih sudah dipercaya menjadi tuan rumah,” ucapnya kepada Tanjungpinang Pos, usai melaksankan kegiatan.

Kegiatan diisi dengan yaitu lomba. Diantaranya lomba berpidato, tartil, pembacaan Gurindam 12, sandi/morse, baris berbaris, poster, semaphore, tandu, yel-yel dan lainnya. Kegiatan Perjusami, secara resmi di buka Bupati Karimun H Aunur Rafiq.

Ia memuji kegiatan yang dilaksanakan sangat bagus. Diharapkan memupuk mental dan karakter generasi muda. Kegiatan seperti ini juga bisa diikuti kwarat-kwarat yang lain ada di Karimun. Serta dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. ”Kami sangat mendukung kegiatan Perjusami,” paparnya.

Apalagi mengadakan berbagai perlombaan yang dapat mengajarkan banyak hal kepada siswa-siswi yang ikut. ”Generasi muda bangsa kita harus tangguh dan mempu menjadi pemimpin bangsa yang berhasil nantinya,” tegas Rafiq. Hadiri juga Kwarcab, Camat Meral, Lurah, Kepala Desa, dan pihak Polsek. (ayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here