Perkenalkan Nama SMRS Secara Luas

0
233

LINGGA – Tidak banyak yang bisa diutarakan Tengku Husein Bin Tengku Muhammad Saleh, turunan ketujuh dari Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional dari Presiden RI, Joko Widodo.

Keluarga besarnya dan masyarakat Kepri pun terharu dan bangga akhirnya SMRS diakui sebagai secara nasional sebagai pahlawan.

”Alhamdulillah akhirnya perjuangan panjang yang dilakukan Pemkab Lingga dan Pemprov Kepri membuahkan hasil yang baik. Sebagai Zuriat SMRS, saya juga ucapkan terima kasih yang tinggi kepada pihak-pihak lain yang terlibat dalam pengusungan SMRS menjadi Pahlawan Nasional,” kata Tengku Husein melakui telepon selulernya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (8/11).

Dengan dinobatkannya SMRS menjadi Pahlawan Nasional ia berharap ada upaya dari Pemprov Kepri dan Pemkab Lingga untuk memperkenalkan SMRS kepada masyarakat Kepri.

Dengan mengabadikan nama SMRS untuk lokasi perkantoran pemerintah atau nama jalan adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan nama besar SMRS.

”Nama SMRS selama ini sudah dikenal pelaku sejarah baik di Indonesia maupun luar negari. Banyak ahli sejarah yang datang menemui saya baik dari Malaysia dan Johor. Mereka ingin menggali sejarah dan peran SMRS bagi negara mereka,” kata Tengku Husein.

Selain itu, Tengku Husein meminta pada Pemprov Kepri maupun Pemkab Lingga untuk memperhatikan kesejahteraan zuriat SMRS. Nama SMRS yang mendapat gelar Pahlawan Nasional secara tidak langsung telah mengangkat nama daerah di tingkat nasional.

”Kami tidak meminta harus diberi barang atau uang. Mungkin cukup kalau anak cucu kami nanti diberikan kemudahan untuk menjadi pegawai di instasi pemerintahan,” kata Tengku Husein.

Ia menuturkan, saat ini ia sedang berada di Istana Negara untuk melakukan geladi bersih penerimaan gelar Pahlawan Nasional yang akan diberikan Presiden RI. ”Insya Allah ada berkah yang diberikan Allah SWT atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada SMRS untuk masyarakat Kepri dan Kabupaten Lingga khususnya,” katanya mengakhiri. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here