Perlu Kesadaran Setiap Keluarga

0
1727
SEKDAPROV Kepri TS Arif Fadillah foto bersama usai membuka Kerja Daerah Program ‘Bangga Kencana’ Provinsi Kepri, di Hotel CK, kemarin. f-istimewa/humas pemprov kepri

Program Bangga Kencana BKKBN

Kesadaran tiap keluarga dalam mewujudkan keluarga berkualitas baik di bidang sosial, budaya dan ekonomi yang memadai agar kehidupan menjadi semakin sejahtera, berkualitas sangat dibutuhkan.

TANJUNGPINANG – SEKDAPROV Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, saat ini di era modern dan milenial ini, Keluarga Berencana (KB) tidak hanya dimaknai semata-mata untuk pengendalian jumlah penduduk.

Namun ada makna yang lebih dalam dan lebih luas untuk meningkatkan kualitas keluarga itu sendiri terlebih anak-anaknya.

Hal ini disampaikan Arif Fadillah saat membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah Program ‘Bangga Kencana’ Provinsi Kepri Tahun 2020 yang ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Hotel CK, Tanjungpinang, Rabu (26/2) kemarin.

Dalam sambutannya, Sekda Arif berharap pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yakni Bangga Kencana yang saat ini masuk di era baru dan melangkah pada RPJM 2020-2024 berpijak pada Renstra baru, agar dapat tersinergi antara pusat dan daerah serta elemen terkait.

”Sinergitas program antara pusat dan daerah harus selalu ditingkatkan. Program bukan hanya milik BKKBN saja tapi menjadi milik Pemda juga dengan memberdayakan seluruh elemen yang ada,” kata Arif.

Lebih lanjut kata Arif, Rakerda diharapkan menjadi sarana pemantapan komitmen dalam pelaksanaan tugas pokok dari BKKBN. Pun sejalan dengan tema yang diusung.

”Rakerda ini, memberikan pesan bahwa di era modern dan milenial tidak hanya dimaknai dengan pengendalian semata. Namun dalam arti luas,” jelasnya.

Arif juga menyampaikan beberapa hal dalam Rakerda ini, antara lain, dalam penyusunan RPJMD baik Provinsi maupun kab/kota akan memasukkan program BKKBN.

Seluruh kepala daerah agar mensinkronisasikan kegiatan antara pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah daerah akan segera membuat grand desain kependudukan.

Pemda akan menginplementasikan Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang program Bangga Kencana. Kab/kota akan melaksanakan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) sub bidang KB secara maksimal serta semua peserta diharapkan mengikuti Rakerda secara serius.

Dalam pada itu, Deputi KBKR BKKBN Pusat Dwi Listyawardani mengawali arahannya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Kepri dan mitra terkait atas dukungan dan dukungan terhadap program Bangga Kencana, sehingga pencapaian program ini dapat meraih target yang maksimal.

”Kita berharap Rakerda ini dapat menumbuhkan semangat yang terus menggelora. Kita ingin mewujdukan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang,” kata Dwi.

Dwi melanjutkan, dalam beberapa tahun mendatang BKKBN dalam menjalankan program kerja akan fokus melibatkan generasi milenial, hal ini bukan tanpa alasan. Karna generasi inilah yang nanti akan menentukan masa depan.

”Kewajiban kita dalam mempersiapkan para generasi muda, dalam berkehidupan yang terencana agar lebih baik lagi, apalagi keluarga sebagai lingkup terkecil dalam upaya menumbuhkan insan generasi masa depan yang berkualitas,” lanjutnya.

Selaku Panitia Pelaksana, Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Medi Heryanto melaporkan bahwa pelaksanaan Rakerda merupakan wujud keseriusan dari BKKBN dalam mendukung program kerja Rakerda merupakan visi dan miso Presiden terkait tugas pokok dari BKKBN itu sendiri.

”Upaya dalam mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang,” kata Medi.

Dengan tema ‘Bangga Kencana dalam Era Milenial untuk Indonesia Maju, Sejahtera dan Berkeadilan’, dilanjutkan Medi adalah bertujuan untuk kembali meningkatkan komitmen seluruh mitra kerja serta menyelaraskan program kerja kependudukan.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here