Perluas Jaringan Internasional

0
462
Dekan FIKP UMRAH Dr. Agung Dhamar Syakti menyerahkan cenderamata kepada Prof Wong Sek Man Direktur TMSI Singapore, baru-baru ini. F-istimewa

FIKP UMRAH Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Nasional Singapura

Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang terus memperluas jaringan internasionalnya dengan kerja sama ke berbagai kampus yang maju di negara lain di dunia.

DOMPAK – BARU-BARU ini, pihak dekan FIKP UMRAH Tanjungpinang berkunjung ke Singapura dalam menjalin kerja sama dengan mitra hebat dari negara tersebut yakni, Tropical Marine Science Institute (TMSI), National University of Singapore (NUS).

”Ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh untuk mewujudkan Visi dan Misi FIKP UMRAH sebagai Center of Excellence di Asia Pasifik tahun 2040 dalam di bidang Pengelolaan Berkelanjutan Sumberdaya Kelautan Perikanan dan Kemaritiman 2030,” ujar Agung Dhamar, Kamis (21/6).

Salah satu gebrakan pertama FIKP UMRAH di tahun 2018 adalah mengembangkan jejaring kerja sama. Sebelumnya juga sudah didatangkan sejumlah pakar kemaritiman dunia ke kampus itu.

Dalam kunjungannya ke TMSI, Dekan FIKP UMRAH, Dr. Agung Dhamar Syakti menyatakan bahwa tujuan praktis yang diharapkan dicapai ada tiga hal yakni, kesepahaman akan rencana Joint Research Program dengan topik spesifik mengeni kajian Ekosistem Lamun (Sea Grass) dan Dugong. Kemudian, gerakan peningkatan kesadaran publik akan marine plastic debris melalui program Science Citizenship, joint conference dalam topik yang relevan dan pengiriman dosen untuk S3 di NUS.

Direktur TMSI Prof. Wong mengapresiasi keinginan dari pihak UMRAH dan berjanji akan membantu semaksimal mungkin mewujudkannya. Lokus riset di Kepulauan Riau adalah Laboratorium Alami Raksasa yang sangat menarik untuk dieksplorasi dan dikaji, demikian Prof Wong menyampaikan dalam pertemuan awal tahun lalu.

Dalam kunjungan ke TMSI NUS, delegasi Umrah terdiri dari Dr. Agung D Syakti (Dekan FIKP), Kepala Dr. Victor Amrifo (Ka LP3M UMRAH) dan Jales Veva Jaya (Kapus PSPL). Selain UMRAH, kunjungan ke TMSI NUS juga diikuti oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau yang langsung dipimpin oleh Prof. Dr. Bintal Amin (Dekan UR) dan Dr. Mulyadi (WD2 UR). Kunjungan kedua institusi ini adalah bagian dari tindak lanjut multi-lateral meeting konsorsium riset IPB, UNRI, UI, UNHAS dan UMRAH dengan NUS dan James Cook University yang diselengggarakan oleh EMRIO – IPB, November 2017 yang lalu.

Sebelumnya, dalam seminar yang digelar di UMRAH, didatangkan juga dua pakar kemaritiman dunia yakni Prof. Chou Loke Ming dan Prof. Wong Sek Man dari National University of Singapore.

Wakil Rektor II UMRAH Tanjungpinang, Agus Sutikno, SP, M.Si mengatakan, seminar yang mendatangkan narasumber dari luar negeri sangat penting. Saat itu, diminta juga agar mahasiswa memperdalam Bahasa Inggris. Hal ini juga untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan serta dapat menginspirasi dosen dan mahasiswa UMRAH menghasilkan karya ilmiah yang lebih berkelas.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here