Permika Asah Kreativitas Mahasiswa Indonesia di Kanada

0
351
Suasana Kongres Permika Nasional III 13 Mei 2017 lalu.

KANADA – Dua puluh mahasiswa Indonesia dari 4 kota di Kanada (Montreal, Ottawa, Toronto, dan Newfoundland & Labrador) menggelar Kongres Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada (Permika) Nasional III, selama dua hari, 12-13 Mei 2018.

Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah di pembukaan kongres berpesan agar seluruh pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kanada terus mewarisi api Sumpah Pemuda, merajut persatuan dan memupuk semangat untuk menghasilkan karya dan inovasi unggul.

Dalam sambungan komunikasi teleconference melalui Skype, Koordinator Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, Pandu Utama Manggala (PPI Jepang), menyambut hangat penyelenggaraan Kongres Permika Nasional III. Menurutnya, pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri perlu berhimpun dalam rangka memberikan kontribusi bagi pembangunan di tanah air.

Permika Nasional mulanya digagas oleh Mahasiswa Indonesia di Montreal dan Calgary untuk membicarakan peran mahasiswa Indonesia di Kanada, sebagai bagian dari Diaspora Indonesia, untuk berkontribusi pada keberhasilan pembangunan bangsa. Akhirnya, pada Mei 2013, Kongres Pertama Permika Nasional berhasil diselenggarakan di Ottawa.

Pada tahun 2017, kembali diselenggarakan Kongres Kedua di Toronto untuk mendiskusikan modalitas perhimpunan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kanada. Sejak Kongres kedua ini, Permika Nasional mulai mengambil bagian dalam sejumlah kegiatan yang diselenggarakan oleh PPI Dunia dan PPI Kawasan Amerika-Eropa.

”Pada kongres ketiga ini dirumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Permika Nasional serta pemilihan pengurus untuk periode 2018-2019,” kata Ketua Umum Permika Nasional Periode 2018-2019 terpilih, Livia Djelani.

Saat ini Permika Nasional memiliki cabang di 6 kota di Kanada, yakni Montreal, Ottawa, Toronto, Calgary, Winnipeg, dan Edmonton, serta dua Asosiasi Mahasiswa Indonesia yang berafiliasi dengan Universitas di Vancouver dan Waterloo.

Livia Djelani yang juga Mahasiswa Mc.Gill University, PPI Montreal mengutarakan harapannya agar Permika Nasional dapat menciptakan komunitas yang hangat dan inklusif untuk semua mahasiswa Indonesia yang tinggal di Kanada serta mampu merajut ikatan untuk melayani tujuan pendidikan dan sosial. (jek/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here