Pernikahan di Bawah Umur Meningkat

0
521

KARIMUN – PIHAK Kantor Pengadilan Agama (PA) Tanjungbalai Karimun mencatat, bahwa permintaan rekomendasi pernikahan anak di bawah umur cenderung meningkat tahun 2017. Dibandingkan pada tahun lalu, jumlah pernikahan anak di bawah umur hanya di bawah 10 kasus. Tahun ini, meningkat menjadi 11 kasus.

”Ada peningkatan, meskipun jumlahnya masih belasan permintaan. Totalnya ada 11 kasus, dan dibanding tahun lalu tidak sampai belasan. Ada tren naik turun sejak tahun 2015 lalu,” kata Adi S, Humas PA TB Karimun, Selasa (12/12).

Pemohon mengajukan rekomendasi karena anak sudah hamil terlebih dahulu. Sementara usia anak yang hamil tersebut masih di bawah umur tepatnya belum genap berusia 17 tahun.

Untuk dapat dinikahkan, tentunya harus terlebih dahulu mendapatkan putusan PA. Sebelum mendapatkan rekomendasi, maka terlebih dahulu dilakukan sidang.

”Permohonan diajukan oleh orangtua anak. Karena anak tidak dapat mengajukan. Sementara putusan diketuk, setelah mendengar keterangan para saksi dan dibuktikan dengan akte kelahiran,” sebut Adi.

Adi menegaskan, di persidangan akan terungkap jika perbuatan asusila yang dilakukan di hotel dan tempat lainnya.

Ia berharap, peran semua pihak mencegah perbuatan asusila di kalangan anak di bawah umur. ”Untuk mencegah ini, tentu sangat diperlukan pengawasan orangtua. Selain itu tokoh Agama, masyarakat dan pemerintah,” terangnya. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here