Perpanjang Runway Butuh Anggaran APBN

0
656
Pesawat: Pesawat maskapai Susi Air Cassa 212 mendarat di Bandara Letung, belum lama ini. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas telah membebaskan lahan, untuk penambahan pembangunan Runway landasan Bandara Letung. Pembangunan runwai landasan pesawat yang dibangun tahap awal sepanjang 1200 meter, berikut area parkir kendaraan yang menguunakan dana APBN.

Penambahan runway landasan pacu pesawat yang diusulkan sepanjang 1650 meter, akan dijaukan melalui APBNP tahun ini. Bupati Anambas Abdul Haris mengatakan, pada prinsipnya pemda selalu siap untuk melaksanakan kegiatan pembangunan disegala bidang.

Namun, hal itu mesti menyesuaikan anggaran yang tersedia. Untuk pembangunan Bandara Letung, pemda tidak bisa berbuat banyak terkait pembangunan runwaynya. Pasalnya, penambagunan runway membutuh anggaran yang cukup besar dan perlu dukungan anggaran dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Pemkab Anambas Beri Beasiswa untuk 20 Mahasiswa

”Pemda telah melakukan pembebasan lahan bagi pembangunan runway, dan jika anggaran dari pemerintah pusat sudah tersedia untuk membangun runway tersebut,” jelas Haris, kemarin.

Menurutnya, pemda sangat senang sekali sebab itu bagian harapan masyarakat dan Anambas untuk mewujudkan peningkatan perekonomian pada sektor pariwisata. Saat ini panjang runway yang telah dibangun yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sekitar 1200 meter. Runway yang ada, dinilai belum cukup untuk operasional pesawat dan butuh diperpanjang 1650 meter lagi.

Haris menambahkan, jika tidak didukung dengan akses transportasi udara yang memadai pengembangan pariwisata juga akan melambat. Sejauh ini, Pemkab Anambas sudah berupaya semaksimal mungkin menganggarkan dan melaksanakan pembangunan sisi daratnya. Sebagian dari pembangunan tersebut menggunakan APBD Provinsi Kepri.

Baca Juga :  2017, Lebih 10 ABG Hamil di Luar Nikah

”Saya tegaskan, bahwa pemda pada prinsipnya selalu siap mendukung segala perencanaan pembangunan khususnya untuk peningkatan pengembangan pariwisata khususnya pembangunan Bandara Letung,” ungkap Haris. Hanya saja, pihaknyamasih menunggu anggaran dari pusat untuk pelaksanaan kegiatannya. Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Bandara Letung Ariadi mengatakan, sebelumnya kegiatan pembangunan lapangan parkir bagi kendaraan diarea bandara dan ditambah. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here