Perpustakaan Kepri Seminarkan Buku Jurnalis Maritim

0
808
Bedah buku: Nikolas Panama (kiri) Zakmi dan Muhamad Juri saat bedah buku Pena di Batas Negeri, kemarin. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Sebagai daerah maritim, pengetahuan warga Kepri tentang kelautan dan perikanan harus lebih menonjol. Meski luas lautan di kepri mencapai 96 persen, namun tulisan tentang maritim masih sangat minim.

Kemarin, Rabu (17/5) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kepri menggelar seminar buku yang ditulis Nikolas Panama, yang berjudul Pena di Batas Negeri yang akan dibukukan oleh DPK.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kepri Amir Husein dalam sambutannya sangat mengapresiasi tulisan yang bermuatan lokal yang bermanfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :  CSR Industri Migas Bangun Taman Bermain

”Bahkan, saat ini saya tantang para penulis untuk membuat buku bertema sejarah Kepri,” katanya.

Bedah buku Pena di Batas Negeri ini mendapat apresiasi dari para peserta serta pemateri yang dihadirkan dari PWI Kepri dan AJI Kota Batam.

Menurut Nikolas, ia tertarik menulis buku bertema maritim itu karena tulisan seperti itu sangat dibutuhkan di Kepri. Menurutnya, mayoritas mata pencaharian masyarakat di Kepri sangat bergantung dengan laut.

Menurut Wartawan LBKN Antara Biro Kepri ini, dalam menulis buku tentang maritim itu, ia mengandeng dua dosen Trisno Aji Putra dan Ahada Wahyunisari.

Baca Juga :  Gubernur Periksa Kesiapan Natuna

Trisno Aji Putra sebelum beralih profesi sebagai akademisi juga lama berkecimpung dalam dunia jurnalistik di Kepri. Sementara, Ahada Wahyunisari mengakui dirinya bukan wartawan, namun ia profesinya berkaitan dengan sejarah.

”Meski ini berisi tentang perjalanan wartawan yang menggali tentang potensi maritim, namun saya melihat dari sisi sejarahnya,” ujar dosen kelahiran Tambelan ini.

Menurut Zakmi, salah satu narasumber yang dihadirkan sebagai pembanding isi buku, tulisan berjudul Pena di Ujung Negeri ini, tentu akan banyak manfaatnya bagi warga yang tinggal di Kepulauan.

Baca Juga :  Said Idris Kembali Pimpin Karang Taruna Kepri

”Selain bisa memberi pengetahuan serta peluang di sektor maritim bagi pembacanya, buku ini juga diharapkan bisa memicu penulisnya untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi,” ujar Ketua Bidang Organisasi PWI Kepri ini.

Selain Zakmi, penulis juga menghadirkan Ketua AJI, Muhammad Zuhri yang juga sebagai pembanding isi buku yang diseminarkan. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here