Personel Lanud RHF Berenang Seberangi Sarang Buaya

0
66
Personel Lanud RHF Tanjungpinang berenang menyeberangi Sei Carang, baru-baru ini. f-adly bara hanani/tanjungpinang pos

Gelar Cross Country dan Renang Militer

TANJUNGPINANG – Sebagai unsur militer dari TNI Angkatan Udara, Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang terus membina personelnya.

Salah satu binaan itu dengan menggelar Cross Country (CC) dan Renang Militer. Kegiatan itu, dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka pembinaan fisik, yang digelar akhir pekan lalu.

Untuk CC, seluruh personel berjalan dan berlari sambil membawa senapan dari Terminal Sei Carang. Lalu, seluruh personel harus berenang menyeberangi Sei Carang untuk renang militernya.

Menariknya, lokasi Sei Carang yang telah dikenal sebagai habitat hewan buas seperti buaya tidak membuat nyali mereka ciut saat berenang menyeberangi aliran sungai tersebut.

Malah, salah seorang personel Lanud RHF mengatakan tidak perlu takut dan yang terpenting telah melewati prosedur sebelum memilih tempat itu.

Beberapa masyarakat yang berhenti melintas di Jembatan Sei Carang juga menyampaikan hal yang sama.

”Wah kok berani ya. Ini kan sarangnya buaya muara,” kata Razi, warga yang melintas.

Komandan Lanud RHF Kolonel Pnb M Dadan Gunawan ST MM mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya guna untuk evaluasi dasar kemampuan prajurit.

”Cross Country (CC) dan Renang Militer yang dilaksanakan ini, untuk mengingat kembali pelajaran dasar kami dulu. Biar pelajaran dasar ini tidak terlupakan, dan juga sebagai evaluasi pelajaran dasar bagi masing-masing prajurit ketika masuk militer,” ungkap Kolonel Pnb Dadan Gunawan, yang turut serta pada kegiatan CC dan Renang Militer, kemarin.

Dadan menambahkan, bahwa pada kegiatan CC dan Renang Militer itu tidak ada target khusus.

Masing-masing personel akan mengevaluasi sendiri capaiannya dan akan diulangi tahun berikutnya jika saat ini tidak baik.

Namun ke depannya, lanjut Dadan, akan ada uji menembak setelah Renang Militer dan CC. Tujuannya, setelah personel merasa segar menyentuh air lalu berlari setelah itu menembak.

”Nah, setelah renang lalu berlari dan setelah itu menembak. Kita bisa liat, siapa yang jago menembak setelah lelah berlari,” ungkap Dadan.

Ada pun yang mengikuti CC dan Renang Militer ini sebanyak 95 personel dari total 155 personel. Selain itu, Lanud RHF juga menurunkan 2 perahu karet untuk mengawasi jalannya renang militer. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here