Personel Sabhara Belajar SAR

0
84
Personel Sabhara Polres Tanjungpinang sedang latihan SAR, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Personel kepolisian dari Polres Tanjungpinang siap membantu pencarian korban bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat kemarin.

Personel Sabhara sudah siap diberangkatkan, bila sudah ada permintaan dari Mabes Polri. Sebelum diberangkatkan, Satuan Sabhara mulai latihan Search and Rescue (SAR) di Mako Polres Tanjungpinang, Senin (1/10).

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, personel Sabhara diberikan kemampuan SAR dasar untuk penanggulangan bencana alam di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Latihan SAR ini sekaligus untuk mengecek peralatan-peralatan SAR yang dimiliki Polres. ”Seperti kegiatan penanggulangan evakuasi korban. Mulai naik turun tebing untuk membawa korban dan sekaligus kita mengecek peralatan-peralatan SAR yang terbatas,” katanya.

Kapolres menyebutkan, Kapolri sudah menginstruksikan agar satuan-satuan wilayah selalu siap siaga menghadapi bencana khusus untuk mengantisipasi bencana dan tsunami. ”Jika suatu waktu diperintahkan untuk berangkat ke sana, pihaknya siap berangkat,” sebutnya.

Menurutnya, pihaknya juga mempersiapkan peralatan perlengkapan SAR untuk mengantisipasi untuk menyiapkan diri apabila ada perintah nanti di Kepri khusunya Polres Tanjungpinang dimintai bantuan. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here