Pertama di Kepri, Bintan Aktifkan Layanan E-Puskesmas

0
1122
TINJAU PASIEN: Bupati Bintan H Apri Sujadi meninjau pelayanan pasien di Puskesmas, baru-baru ini. F-ISTIMEWA/kominfo bintan

BINTAN – Pemkab Bintan kembali memantapkan pelayanan kesehatan dengan sistem e-Puskesmas, yang berbasis teknologi informasi. Saat ini, layanan e-Puskesmas itu sudah aktif.

Layanan sistem aplikasi teknologi ini akan diintegrasikan langsung secara online, dengan BPJS Kesehatan melalui aplikasi E-Puskesmas. Penggunaannya sangat mudah, bisa mendownload aplikasi Infokes Mobile Apps, di Google Playstore bagi hape android. Ada beberapa fitur aplikasi pendaftaran, cek nomor BPJS hingga cek antrean.

Saat ini, Pemkab Bintan juga telah mendapatkan penghargaan dari PT Telkom Indonesia, selaku pendahulu penerapan e-Puskesmas di Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Bupati Imbau Tunda Pulang ke Bintan

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, beberapa langkah inovasi pelayanan kesehatan mulai disiapkan. Antara lain dengan mengaktifkan aplikasi pelayanan e-Puskesmas. Layanan ini sebagai pendukung pelayanan kesehatan sistem jemput bola dan kebijakan pelayanan di Puskesmas hingga pukul 22.00.

”Dengan aplikasi E-Puskesmas ini, hendaknya mampu menjawab tantangan dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, ke depannya,” kata H Apri Sujadi, Selasa (26/9) kemarin. ”Pelayanan e-Puskesmas berbasis teknologi ini sudah mulai aktif, dalam waktu dekat ini,” sambungnya.

Baca Juga :  Pelajar SD Pentaskan Batik Motif Kerang, Bupati Kagum

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr Gama Isnaeni mengatakan, penggunaan sistem informasi kesehatan E-Puskesmas itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi pelayanan kesehatan. Khususnya bagi pemegang kartu BPJS. Penerapan E-Puskesmas melalui aplikasi infokes ini, mobile akan terkoneksi langsung dengan data dan nomor BPJS setiap peserta.

”Sesuai arahan Pak Bupati, layanan E-Puskesmas ini segera diaktifkan. Agar layanan kesehatan bagi masyarakat lebih mudah. Sebagian sudah kita aktifkan, meski baru tahap uji coba,” jelasnya.

Gama menyebutkan, ada empat (4) Puskesmas yang sudah dilakukan uji coba penerapan layanan e-Puskesmas itu. Uji coba dilakukan sejak Juli 2017 lalu. Kemudian, Dinas Kesehatan Bintan akan mengaktifkan di Puskesmas Teluk Sebong dan Seilekop, Bintan Timur. Dengan demikian, bakal ada 6 Puskesmas yang mengaktifkan layanan e-Puskesmas ini. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here