Pertama Kali, Mahasiswa Stisipol KKN di Anambas

0
205
KETUA Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka berswa foto dengan mahasiswa yang akan berangkat Anambas melaksanakan KKN. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Untuk pertama kalinya mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Peserta KKN sebanyak 164 mahasiswa dari tiga Program studi (Prodi) menggunakan kapal penumpang KM Bukit Raya.

Dengan rincian, 64 mahasiswa Prodi Administrasi Publik, 53 mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan dan 47 mahasiswa Prodi Sosiologi.

Ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka MPM mengatakan, pihaknya harus bisa hadir diseluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menurutn Endri, masing-masing kabupaten/kota tentu punya karakteristik dan tantangan yang berbeda. Hal ini yang akan memperkaya pengetahuan mahasiswa di setiap angkatan.

Ia menuturkan, sebelumnya sebelumnya mahasiswa juga melaksanakan KKN di Natuna.

”Kegiatan KKN sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat tahun ini kita fokuskan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Apalagi kabupaten terbaru di Kepulauan Riau dan berada di daerah perbatasan. Ini salah satu alasan kami memilih, lokasi KKN di daerah tersebut tahun ini,” jelas Endri.

Ia menyampaikan, kegiatan KKN ini merupakan proses belajar langsung dengan masyarakat.

Sehingga, mahasiswa Stisipol Raja Haji harus bisa menyikapi segala permasalahan yang ada di masyarakat. Seperti masalah sosial atau tentang pelayanan publik yang ada disana, pendidikan serta lainnya.

”Harapannya mahasiswa bisa beradaptasi dengan masyarakat dan bisa mengabdi kepada masyarakat di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur. Pengabdian yang akan dilakukan oleh mahasiswa Stisipol Raja Haji saat KKN, yaitu akan melaksanakan seminar, workshop serta kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan seluruh kepala desa dan masyarakat di sana tentang bagaimana pelayanan dan administrasi yang baik,” sebut Endri.

Endri juga berpesan, mahasiswa yang KKN agar pandai-pandai membawa diri saat berada di lokasi atau di kampung orang.

Ia memintya, menjadikan KKN, sebagai pengalaman pembelajaran yang berharga dalam menapaki masa depan nantinya.

Ketua pelaksana KKN Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Raja Abu Mansyur mengatakan, sebelumnya mahasiswa melaksanakan pegabdian di Natuna.

Untuk tahun ini, lanjut Abu, lokasinya berubah dan pihaknya menyetujui di Kabupaten Kepulauan Anambas dan pertama kali.

”Tahun ini kami melaksanakan KKN di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas. Tepatnya di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur.

Dituturkannya, 164 mahasiswa akan mempraktekkan ilmu pengetahuan, yang didapatkan selama kuliah. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here