Pertanian Kepri Harus Diperluas

0
135
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun berbincang dengan petani di atas traktor dalam kunjungan kerjanya ke Tanjungbatu, Kundur, Kabupaten Karimun, Senin (22/10). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, saat ini alat pertanian semakin cangkih dan pengolahan pertanian juga serba modern. Untuk itu, Kepri perlu memperluas lahan pertanian. Ia pun akan meminta perluasan pembukaan lahan baru pertanian ke kementerian.

LINGGA – NURDIN juga mengajak para petani untuk terus semangat mengembangkan potensi pertanian yang ada di daerah. Apalagi keberadaan lahan dengan kontur tanah yang tepat, sarana dan fasilitas yang memadai, maka akan menghasilkan produk terbaik.

”Tinggal bagaimana kemampuan kita untuk mengelola hasilnya menjadi berdaya guna dari semua sisi, apalagi dengan teknologi akan semakin memudahkan, yang nantinya upaya ini kembali akan mempertajam perekonomian Kepri,” ujar Nurdin di sela-sela perbincangannya bersama kelompok Tani dalam kunjungan kerjanya ke Tanjungbatu, Kundur, Karimun, Senin (22/10).

Pemerintah Daerah, dikatakan Nurdin juga selalu mendukung dan berusaha untuk melakukan upaya-upaya untuk ikut meningkatkan kemajuan hasil produksi yang dikerjakan oleh para petani.

”Kita juga akan mencoba ke kementerian untuk membantu dalam upaya perluasan lahan yang masih belum terbuka. Pemprov bersama Pemkab juga akan terus berkoordinasi melalui pihak terkait untuk kelancaran proses kegiatan bertani,” lanjut Nurdin.

Nurdin juga berujar, dirinya berkeinginan untuk melakukan semenisasi pada jalan masuk menuju lahan pertanian. Karena sepanjang 5 Km saat Nurdin masuk kedalam lokasi, jalanan tanah merah yang dilalui dalam keadaan yang tidak rata dan banyak lobang serta genangan air.

”Insya Allah ke depan akan kita upayakan pengembangan jalan masuk agar mobilitas keluar masuk menjadi lebih lancar,” tambah Nurdin lagi.

Setibanya di Kundur, Gubernur beserta rombongan merapat di Pelabuhan Urung, Tanjung Berlian untuk kemudian menuju ke Masjid Besar Al Furqan, Kundur Utara untuk menunaikan Salat Zuhur.

Selanjutnya Gubernur menuju ke Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara untuk melakukan penyerahan Alat dan Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani Kabupaten Karimun yang dipusatkan di Kawasan Bioindustri padi di wilayah perbatasan, Gudang Rice Milling Unit (RMU), Gapoktan Mega Buana.

Secara simbolis Nurdin menyerahkan sebanyak 21 unit alat dan mesin tani kepada 16 Kelompok Tani/ Gapoktan yang tersebar di Kundur. Adapun rincian bantuan antara lain 10 unit handtraktor, 9 unit Cultivator dan 11 unit minitraktor. (MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here