Pertanyaan Jokowi Berhadiah Sepeda

0
560
Pertanyaan berhadiah: Presiden RI Joko Widodo menguji pengetahuan umum siswa dengan memberikan pertanyaan berhadiah di sela-sela penyerahan Kartu Indonesia Pintar ke pelajar di Pulau Galang, Batam Kamis (23/3). F-Martua/tanjungpinang pos

BATAM – Seperti biasa, saat kunjungan ke daerah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu melakukan interaksi dengan warga. Jika tidak membagi buku, Jokowi membagikan sepeda.

Seperti dilakukan saat berkunjung ke Galang, Batam, Kamis (23/3). Usai menyampaikan sambutan, Jokowi menantang warga yang hadir untuk menjawab pertanyaannya.

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan Jokowi kepada warga, untuk menyebutkan lima nama menteri saat ini.

“Pertanyaannya, sebutkan lima nama menteri sekarang,” tantang Jokowi yang langsung disambut warga dengan berebut tunjuk tangan.

Selanjutnya memilih beberapa orang warga. Di antaranya ada ?dua orang ibu-ibu. Saat ditanya, seorang ibu menjawab nama-nama menteri, termaksud nama menteri Sosial Khofifah dan Menkes yang hadir saat itu. Kemudian Jokowi menanyakan ke seorang ibu lagi.

”Bisa jabatannya saja pak? Saya tidak tahu nama-nama menterinya. Tapi jabatan menteri saya tahu pak,” kata seorang ibu yang disebut bernama Sarifah.

Namun karena Sarifah tidak tahu, Jokowi meminta untuk pindah tempat berdirinya. Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyerahkan sepeda kepada dua orang siswa yang lancar menyampaikan Pancasila. Demikian dengan seorang pria bernama Suratmo yang menggendong anaknya.

Walau Suratmo beberapa kali salah menyebutkan butir empat Pancasila, namun dengan dibantu Jokowi, pria itu bisa menyampaikan.

”Mungkin tadi sudah ingat. Tapi karena grogi, jadi lupa,” kata Jokowi.

Pertanyaan juga disampaikan kepada warga untuk menyebutkan nama-nama pulau di Kepri. Seorang warga yang maju, menyebutkan nama-nama pulau di Kepri yang kecil dan dekat Batam.

Jokowi mengaku tidak tahu apa nama pulau yang disebut benar atau tidak, dia ke Wali Kota Batam, HM Rudi yang duduk di barisan depan.

”Benar nggak itu pak Wali? Saya tanya Wali Kota saja. Karena tidak tahu apa benar,” cetus Jokowi.

Seorang ibu yang diminta menyebut pulau-pulau di Indonesia, di luar Kepri, sempat mengundang tawa warga yang hadir. “Pulau paling jauh disana? Apa namanya?,” tanya Jokowi sebelum disebut Papua.

Namun perempuan itu beberapa kali salah menyebut, nama Pulau Kalibata yang seharusnya Kalimantan. Demikian saat warga itu menyebut Pulau Samosir.

”Pulau Samosir? Itu Danau Toba. Tapi tidak apa lah, satu sepeda untuk ibu. Silakan diambil,” kata Jokowi sebelum meninggalkan lokasi itu. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here