Pertarungan Bacaleg Provinsi Dapil Karimun Bakal Sengit

0
1420
PARTAI Golkar Karimun dan Partai Gerindra saat mendaftarkan Bacaleg ke KPU, Senin (16/7) kemarin. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Pertarungan Bakal Calon anggotan Legislatif (Bacaleg) untuk DPRD Provinsi Kepri, asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Karimun semakin sengit. Sebab, anggota DPRD kabupaten dan provinsi mendaftar untuk bertarung merebut kursi di tingkat provinsi.

”Pertarungan Bacaleg asal Dapil Karimun tampaknya seru. Sebab, kita ketahui anggota DPRD Karimun yang aktif, turut mendaftarkan Bacaleg DPRD Provinsi seperti nama-nama Bakti Lubis dari Partai Hanura, Anwar Abu Bakar dari PAN, Zainuddin Ahmad dari Partai Gerindra, M Taufiq dari PKS dan yang mengejutkan adalah Rosmeri kader Partai Golkar yang pindah ke PDI Perjuangan,” kata Jamaludin, Pemerhati Politik Karimun, kemarin.

Sementara, anggota DPRD Provinsi aktif masih ikut mendaftar sebagai bacaleg untuk periode berikutnya, ada Rocky Bawole, Raja Bakhtiar, Joko, Yusrizal, Eri Suandi, Iskandarsyah. Para calon memiliki peluang, yang sama untuk meraih suara terbanyak.

Masih menurut Jamal, pertarungan sengit terjadi pada Partai Hanura, Bakti Lubis dan Yusrizal, di PDI P ada Rosmeri dan Erisuandi, di PKS ada M Taufiq dan Iskandarsyah. ”Ini membuat para Bacaleg harus bekerja keras, untuk meraih suara terbanyak, dan tidak mengecilkan bacaleg dari partai lainnya,” tambahnya.

Sementara, Rosmeri yang diketahui berada pada nomor urut 3, sebagai bacaleg Provinsi dari PDI-P. Bergabungnya Rosmeri ke PDI-P, dibenarkan Ketua DPC PDI P Karimun yakni Rasno.

Komisioner KPU Kepri Priyo Handoko sebelumnya mengungkapkan, keterwakilan perempuan sebagai bakal Caleg DPRD Provinsi Kepri di pemilu 2019 muncul 220 nama perempuan. Jumlah ini mencapai 37,8 persen dari total 581 bacaleg yang diajukan 16 parpol untuk DPRD Provinsi Kepri.

”Minimal 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar calon. Termasuk, aturan mengharuskan menempatkan paling sedikit satu orang perempuan,” katanya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here