Pertemuan Tokoh Melayu Sedunia

0
658
ARAK-ARAKAN: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan pejabat lainnya mengarak piagam penghargaan Pahlawan Nasional SMRS yang merupakan salah satu tokoh besar Melayu. f-mazpram/humas pemprov kepri

Perwakilan Negara DMDI Ikuti PPTMA 2017

Seperti apa Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) membangun kebesaran Melayu di zamannya, sebagian kisah sejarah itu akan ditampilkan di Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) Lingga 2017.

LINGGA – KEPALA Dinas Kebudayaan Pemkab Lingga, M Ishak mengatakan, perhelatan akbar ini merupakan agenda tingka internasional. Sebab, yang diundang hadir nanti adalah tokoh-tokoh besar Melayu se-dunia.

”Perhelatan Tamadun Melayu di Negeri Bunda Tanah Melayu ini merupakan agenda besar Pemkab Lingga,” ujar Muhammad Ishak, baru-baru ini.

Pelaksanaan perhelatan akbar Tamadun Melayu ini juga disejalankan dengan Hari Ulang Tahun ke-14 Pemkab Lingga, 17-26 Nvember atau 19-28 November nanti di Daik dan Dabo.

Baca Juga :  Riani Jabat Pelaksana Tugas Dinas Pajak

Kegiatan ini salah satu tujuan mulianya adalah mengumpulkan tokoh Melayu yang telah mendunia ini dan diundang hadir.

M Ishak mengatakan, kegiatan Tamadun Melayu yang ditaja Pemkab Lingga ini juga telah melalui pembicaraan bersama sejumlah tokoh senior seperti Said Parman, Said Barakbah, Abdul Malik yang sudah sekelas dunia. Sehingga kegiatan ini berskala internasional.

Sata itu, kata pria yang juga Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Lingga itu, Tamadun Melayu adalah kebesaran-kebesaran Melayu yang dibuat oleh SMRS yang tanggal 9 November lalu sudah dianugerahi Pahlawan Nasional.

Baca Juga :  Mahasiswa Stisipol Jatuh dari Lantai III

Sempat juga dibahas, bagaimana SMRS dari Bintan ke Lingga dengan serba kekurangan dan tekanan dari penjajah bisa berkomunikasi dengan bangsa lain baik itu dalam urusan perdagangannya dengan Rafles.

”Intinya kegiatan ini dapat memperkenalkan Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu. Sehingga seluruh anak Melayu di belahan dunia manapun akan kembali dan dapat mengenangnya. Kita akan tampilkan kebesaran-kebesaran budaya Melayu,” ungkapnya.

Tahap awal, pengunjung yang diperkirakan seribuan orang akan menikmati keindahan Kabupaten Lingga. Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah mengajak seluruh panitia penyelenggara PPTMA tahun 2017 beserta seluruh pihak termasuk dari kabupaten/kota se-Kepri, para seniman dan budayawan, LAM, dinas terkait dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan event spektakuler yang akan mengenalkan identitas Kepri yang berbasis Melayu itu.

Baca Juga :  Tarif Listrik Tahap II Dilematis

”Kita harapkan partisipasi semua pihak. Semua elemen bersatu. Kami dari provinsi siap membantu dan mendukung penuh segala bentuk inovasi dan kreasi yang ditunjukkan guna memeriahkan kegiatan ini. Sesuai yang telah difokuskan pemerintah untuk terus mendorong potensi wisata dan budaya khususnya di Kepri,” kata Arif di Dompak.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here