Pertumbuhan Ekonomi di Bincen Membaik

0
386
LALU LINTAS: Suasana arus lalulintas di persimpangan lampu merah Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang. F-Andri Dwi S/Tanjungpinang Pos

TANJUNGPINANG – Pengamat ekonomi dari Universitas Maritim Raja Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Rafki Rasyid SE MM menilai, Pemko Tanjungpinang telah berhasil melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi di Tanjungpinang.

Ditandai dengan pemindahan pertumbuhan ekonomi, dari daerah Kota Lama Tanjungpinang ke wilayah Bintancenter (Bincen). ”Ini bagus dan berhasil, Pemko bersama pengembang telah memindahkan pertumbuhan ekonomi tersebut,” kata Rafki.

Dulu, lanjut dosen Ekonomi UMRAH Tanjungpinang tersebut, pusat ekonomi Tanjungpinang berada di daerah Kota Lama. Mulai dari Pelabuhan Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Pasar Baru, Pelantar, Jalan Tambak, Jalan Merdeka, masih banyak lagi aktivitas perekonomian di daerah Kota Lama Tanjungpinang.

”Kita bisa lihatkan dulu, ramai orang yang melakukan berbagai hal di kawasan Kota Lama Tanjungpinang,” ucap dia. Dia menuturkan, bahwa pertumbuhan ekonomi Tanjungpinang sudah mulai merata. Artinya, tidak lagi pusat ekonomi Tanjungpinnag berada di Kota Lama. Tetapi pusat ekonomi Tanjungpinang yang baru berada di wilayah Bincen juga berkembang.

Kini sudah banyak pengusaha yang membuka usahanya di wilayah Bincen.
Dulukan, lanjutnya, wilayah Bincen sempat di sebut daerah kawasan perumahan. Sebab banyak masyarakat yang tinggal di wilayah Bincen dan sekitarnya. Jadi, sekarang seimbang antara jumlah penduduk di sekitaran Bincen dengan pertokohan yang ada. ”Ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar Bincen,” terangnya.

Masyarakat kawasan Bincen dan sekitarnya sudah tidak perlu jauh-jauh lagi belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah. Cukup di kawasan Bincen, seluruh kebutuhan masyarakat sudah bisa terpenuhi. Mulai dari kebutuhan pokok, pakaian, makanan jadi dan masih banyak lagi. ”Semua sudah lengkap,” ujar dia.

Meskipun sudah lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, dia menyayangkan dengan kondisi Terminal Sungai Carang yang tidak difungsikan dengan baik oleh Pemko Tanjungpinang, dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub). Coba Terminal Sungai Carang di tata dengan baik, ia yakin dan percaya, wilayah Bincen akan lebih berkembang lagi di bandingkan daerah Kota Lama Tanjungpinang.

Daerah Kota Lama, ia melihat, daerah yang sudah tidak bisa berkembang lagi. Sebab, sudah sangat padat dengan penduduk. ”Sangat sulit kita kembangkan di daerah Kota Lama. Kalau di Bincen, saya yakin bisa berkembang lagi, karena masih banyak lahan.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here