Perubahan RPJMD Dukung Parawisata

0
58
MUSRENBANG Kota Batam, digelar untuk menyusun perubahan RPJMD, Kamis (14/3) di Hotel Vista. F-MARTUA/tanjungpinang pos
Musrenbang tingkat Kota Batam, digelar dengan titik berat pengembangan di berbagai sektor. Pemko akan mengembangan destinasi pariwisata, serta infrastruktur di wilayah timur seperti pengembangan wisata Pulau Putri.

BATAM – Demikian disampaikan Wali Kota Batam, HM Rudi, Kamis (14/3) saat pembukaan Musrenbang tingkat Kota Batam. Selain Rudi, hadir pada kesempatan itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Ketua DPRD Batam, Nuryanto dan politisi di DPR, DPD RI dapil Kepri dan para tokoh masyarakat.

”Semua harus ada fokus. Kita mengembangkan wisata. Kota ini harus siap. Kita berharap, infrastruktur di Batam timur harus selesai,” harapnya.

Selama tiga tahun kepemimpinannya bersama Amsakar Achmad, Batam sudah bergerak cepat. Terutama di Batam wilayah timur, yang dinilai sebagai basis kunjungan wisatawan. Sehingga harus didukung dengan infrastruktur memadai.

”Selama tiga tahun ini, kami sudah lari, kita berlari kencang. Pemko juga menyiapkan destinasi baru untuk wisatawan. Kita siapkan Pulau Putri. Belum kita resmikan tapi sudah banyak yang datang,” ujarnya.

Tidak hanya Batam, Provinsi Kepri juga mengaku, mendukung langkah Pemko Batam, mengembangkan parawisata. Diakui, Nurdin Basirun, Pemprov Kepri juga difokuskan untuk mendukung sektor pariwisata. Karena itu, diminta agar pembangunan infrastruktur ke depan bersinergi dengan rencana daerah yang memiliki potensi pariwisata.

”Sehingga peningkatan sektor pariwisata dari berbagai aspek tetap bisa ditingkatkan. Pariwisata Batam dan Bintan berkembang cukup pesat,” ujar Nurdin.

Diakui Nurdin, pihaknya juga akan terus meningkatkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Kepri. Sehingga, mendukung kenyamanan wisatawan yang berkunjung di Kepri. Warga yang bersentuhan langsung dengan wisatawan, baik itu wisatawan manca negara (Wisman) dan wisatawan nusantara (Wisnus), harus menjadi contoh keramahan masyarakat Kepri.

”Kalau di Batam dan Kepri masih kurang komunikasinya, tidak diceritakan kita punya masakan enak, kita punya alam yang indah. Ini harus kita tingkatkan,” harap Nurdin.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan, saat ini Batam masih tumpuan harapan banyak pihak untuk memulihkan ekonomi. Saat ini diakui, ekonomi sudah membaik.

”Sehingga sinergitas pemangku, mutlak dibutuhkan. Singkirkan ego. Bukti sinergi, pemangku di Batam, berkumpul dan duduk bersama,” kata politisi PDIP itu.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here