Perusahaan dan Pekerja Tak Sepakat

0
316
PEKERJA: Karyawan eks PT STU dan CPM mendatangi bidang tenaga kerja Dinas Tenaga Kerja UKM dan Perindustrian Kabupaten Lingga. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Sebanyak 49 eks karyawan PT Singkep Timas Utama (STU), Sumber Prima Lestari (SPL) dan Cipta Persada Mulia (CPM) yang bergetak di bidang eksploitasi timah datangi kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga.

Maksud kedatangan eks karyawan ini untuk meminta instansi ini, memanggil managemen ketiga perusahaan satu grup ini untuk memenuhi kewajibannya membayarkan pesangon sesuai kesepakatan karyawan dengan managemen perusahaan. ”Saat kami di PHK perusahaan telah disepakati berapa pesangon yang akan dibayarkan perusahaan dan pola pembayaran yang akan dilakukan,” kata koordinator eks karyawan, Daryadi kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (22/8).

Dikatakannya, total pesangon yang harus dibayarkan pihak perusahaan bernilai sekitar Rp 1 miliar dengan tiga kali pembayaran, yakni pembayaran pertama 30 persen, kedua 30 persen dan ketiga 40 persen. Pada tahap pembayaran pertama perusahaan membayar sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan. ”Namun tahap kedua yang seharusnya dibayarkan 27 Juli 2017 tidak dilalukan perusahaan. Malah pihak perusahaan meminta kesepakatan ulang dengan meminta pengurangan 50 persen dari jumlah yang akan dibayarkan pada tahap kdua dan ketiga dengan berbagai macam alasan,” ucapnya.

Eks karyawan tidak setuju dengan permintaan managemen perusahaan atas pengurangan pembayaran 50 persen dari jumlah yang harus dibayarkan. Karyawan berharap dinas terkait mendesak managemen perusahaan. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here