Perusahaan Migas Belum Bayar Upah Karyawan

0
631

ANAMBAS – HAMPIR empat bulan sejumlah karyawan yang bekerja di salah satu perusahan Minyak dan Gas (Migas) yang berada di Kecamatan Palmatak yakni PT Pertalahan Arnebatara Natuna (PAN) belum mendapatkan upah, Minggu (3/6).

Hingga kini, karyawan perusahaan tersebut masih menunggu perusahaan untuk mendapatkan gajinya. Perusahaan berjanji kepada karyawan akan membayar gaji pekerjanya pada pertengahan bulan puasa mendatang.

”Kita berharap kepada kepada pihak perusahaan, agar dapat membayar gaji karyawannya. Saya cukup prihatin ketika mendengar informasi dari salah seorang karyawan menceritakan nasibnya selama ini,” ujar Razak, tokoh masyarakat Palmatak. Pasalnya, karyawan yang bekerja selama ini takut mengungkapkan kepada publik tentang belum dibayarkan gaji selama empat bulan karena takut dipecat.

Namun, para karyawan pesimis dengan janji perusahan. Sebab, pada tahun sebelumnya hal yang sama dijanjikan pada tahun lalu mereka hanya dibayarkan THR (Tunjangan Hari Raya) tapi gaji penuh tidak dibayarkan. Kepala Dinas PTSP Disnakertrans Yunizar mengatakan, bahwa pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan laporan dari para karyawan secara tertulis. Namun, Yunizar mengakui mendapat pesan singkat dan via telepon tentang hal tersebut.

”Kami tidak bisa berbuat banyak, dan saya sarankan agar membuat laporan secara tertulis,” jelasnya. Ia menambahkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti persoalan tersebut dan berharap ersoalan tersebut selesai.

Untuk itu, Pemda akan melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan agar dapat menyelesaikan persoalan yang dialami karyawannya terkait keterlambatan pembayaran gaji.

Mengenai perusahaan tersebut, ia juga tidak ingin perusahaan melakukan tindakan dengan tidak membayar gaji dan hak para karyawan.
Sesuai ketentuan, emua sudah diatur menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang ketenagakerjaan.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here