Perusahaan Terbesar Batam Terima Penghargaan

0
127
Kepala BP Batam Lukita menyerahkan penghargaan kepada investor yang sudah lama melaksanakan bisnis di Batam. Penyerahan dilakukan di Batam, Senin (10/12). F-MARTUA/tanjungpinang pos

BATAM – Perusahaan besar di Batam mendapat penghargaan dari Badan Pengusahaan (BP) Batam saat acara Appreciation Day 2018. Penghargaan diberikan untuk perusahaan yang telah beroperasi 10 tahun 20 tahun dan 30 tahun ke atas. Selain itu, penghargaan diberikan bagi perusahaan dengan nilai ekspor terbesar dan nilai investasi tertinggi.

Penghargaan diberikan Kepala BP Batam, Lukita, Senin (10/12) bersama Kepala BI Kepri Gusti Raizal Eka Putra, Ketua HKI Batam, Oka Simatupang, Asisten Pemko Batam, Yusfa Hendri. Perusahaan dengan nilai investasi terbesar, PT Caterpillar Indonesia Batam, dengan nilai 216,39 juta dolar Amerika Serikat.

Sementara untuk nilai ekspor terbesar, diperoleh PT Asia Cocoa Indonesia dengan 2,536 miliar dolar AS dalam lima tahun belakangan. Kemudian PT Schneider Electic Manufacturing Batam 1,42 miliar dolar AS. Kemudian PT Musim Mas dengan nilai 1,36 miliar dolar AS. Ecogreen Eleochemiclas 1,3 miliar dolar AS dan PT Philips Industries Batam 789,6 juta dolar AS.

Sementara untuk perusahaan yang sudah beroperasi 30 tahun, penghargaan diterima PT Mc Dermott Indonesia dan PT Bredero Shaw Indonesia. Beroperasi 20 tahun diterima PT Panasonic Industrial Devices Batam, Rubycon Indonesia, Flextronics Technology Indonesia, PT SIIX Electronics Indonesia, PT Ciba Vision Batam, PT ASL Shipyard Indonesia, PT Amtek Engineering Batam, PT Infineon, PT Sumitomo dan PT Shimano Batam.

Sementara untuk penghargaan 10 tahun beroperasi, ada PT Smoe Indonesia, Yokohama, Epcos, PT Austin dan Nittoh Batam. ”Kita memberikan apresiasi, karena dampak investasi, pada pertumbuhan ekonomi. Namun masih jauh di atas potensi kita. Masih banyak PR yang belum kita gali. Kita harus gali. Kalau tidak, Batam akan menjadi tidak menarik,” ujar Lukita.

Diingatkan, masalah investasi ini menjadi tantangan yang harus dihadapi. Dengan penghargaan, diharapkan komitmen dan loyalitas investor semakin tinggi. ”Perusahaan-perusahaan itu menunjukkan loyalitas dan komitmen investasi. Suka dan duka tetap di Batam. Inilah yang kami berikan apresiasi. Memberikan kesempatan kerja kepada angka kerja bagi masyarakat Batam,” ujar Lukita lagi.

Sementara Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan RI, Oke Nurwan mengatakan, apa yang disaksikan hari itu, menunjukkan sinergi BP, pemerintah daerah dan pengelolaan Batam. Diingatkan, pada prinsipnya, mengelola Batam sebagai tulang punggung perekonomian negara.

”Tahun 2017 mengalami penurunan kinerja ekonominya hingga di bawah 2 persen. Semoga tidak seperti ini di 2018,” harapnya. Sementara Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka mengapresiasi langkah BP memberikan apresiasi bagi investor. ”Ini apresiasi yang sangat positif, mendorong optimisme. Batam cukup tinggi kontribusi ekspornya untuk indonesia. Perlu kerjasama dalam peningkatan investasi,” imbau Gusti. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here