Pesawat Masuk, Penumpang Pelni Sepi

0
470
PESAWAT: Maskapai Wings Air saat ujicoba mendarat di Bandara Letung, belum lama ini. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – AKIBAT kian banyaknya transportasi ke Anambas, membuat penumpang kapal Pelni yang berangkat dari Anambas hanya kian sepi. Baru-baru ini, jumlah penumpangnya hanya 64 orang.

Angka ini diakui Hubbul Ichsan, Perwakilan Pelni di Anambas. Ia menyebuktan, jumlah penumpang cenderung mengalami penurunan dibandingkan dengan trip sebelumnya.

”Penumpang naik 64 orang dan penumpang turun 54 orang. Untuk penumpang lanjutan mencapai 224 orang. Dibandingkan dengan trip kemarin sangat jauh jumlahnya. Trip kali ini cenderung sepi,” ujar Hubbul Ichsan, Senin (9/10).

Pihaknya pun kurang mengetahui, mengapa menurunnya jumlah penumpang kapal ‘Sapu Jagat’ tersebut. Menurutnya, banyaknya alternatif moda transportasi yang menjadi salah satu penyebab turunnya jumlah penumpang kapal Bukit Raya yang bertolak dari Natuna itu. ”Transportasi di Tarempa banyak pilihan,” ungkapnya.

Ia menceritakan, animo masyarakat yang luar biasa menggunakan moda transportasi laut ini untuk bepergian menuju Kijang, Kabupaten Bintan atau pun Kabupaten Natuna.

”Memang sepertinya menurun. Kalau dulu, pelabuhan ini penuh sesak dengan orang yang hendak berangkat. Motor yang parkir di area pelabuhan saja sampai keluar dari area parkir. Kalau sekarang tidak, bisa dilihat sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, menurunnya jumlah penumpang sebagai dampak dari menurunnya kondisi perekonomian daerah. Ia menyebutkan, perlu ada kajian yang komprehensif untuk membuktikan hal tersebut.

”Secara teori, banyak yang menyebut seperti itu. Namun, untuk membuktikannya perlu dilakukan kajian,” sebutnya.

Seperti diketahui, selain melayani rute pelayaran menuju Anambas kapal Pelni ini juga melayani rute pelayaran dari Kijang, Kabupaten Bintan dan sejumlah daerah di Kabupaten Natuna.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here