Pesawat Pengintai Incar Illegal Fishing di Natuna

0
326
HAMID Rizal menyerahkan cenderamata kepada Danlanal Natuna di ruang kerjanya, kemarin. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Bupati Natuna Hamid Rizal meminta TNI AL wilayah Natuna meningkatkan patroli laut di perairan Natuna. Hal ini untuk menekan tindakan illegal fishing oleh kapal asing yang masih saja terjadi.

Intensitas kehadiran kapal perang yang berpatroli di Perairan Natuna perlu ditingkatkan, mengingat masih adanya kapal-kapal ikan asing yang melakukan penangkapan ikan secara tidak sah (lllegal fishing) di Laut Natuna.

”Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat Natuna saat menangkap ikan di laut,” ujar Hamid Rizal kepada Komandan Lanal Ranai Letkol Laut (P) Harry Setyawan saat silaturahmi di ruang kerja bupati, Kamis (1/3) kemarin.

Kepada Bupati Natuna, Komandan Lanal mengatakan, pihak TNI AL akan selalu meningkatkan kegiatan operasi di laut Natuna, baik melalui patroli laut oleh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) maupun patroli maritim yang dilakukan oleh Pesawat pengintai TNI AL. Apalagi saat ini kata Danlanal, banyak kapal-kapal asing melakukan pekerjaan ganda di laut. Selain sebagai nelayan, mereka juga sebagai pemasok barang haram ke Indonesia, seperti maraknya kasus penyelundupan narkoba yang lagi heboh akhir-akhir ini.

”Ada beberapa kapal ikan asing yang sudah tertangkap karena membawa narkoba dalam jumlah yang fantastis. Oleh karenanya saya selaku Komandan Lanal Ranai menekankan kepada para Danposal di jajaran Lanal Ranai untuk melakukan pengawasan terhadap kapal-kapal ikan asing maupun kapal lokal yang mencurigakan terhadap kemungkinan narkoba masuk dari jalur laut,” tegas Danlanal.

Dalam hal ini, ungkap Danlanal, TNI AL akan menjalin kerja sama dengan instansi lainnya untuk memberantas tindak kejahatan di laut. Letak Natuna di wilayah perbatasan, sehingga ancaman saat ini perlu dijaga dari berbagai sisi. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here